Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Peristiwa 

Mahasiswa PMII Tuntut Sekda Diduga Terlibat Korupsi Dicobot
Senin, 04-02-2019 | 16:40 wib
Oleh : Andi Nurcholis
Situbondo pojokpitu.com, Kericuhan terjadi antar puluhan massa dari Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) dengan petugas kepolisian di depan kantor Pemkab Situbondo.

Bentrok terjadi setelah puluhan mahasiswa PMII menggelar aksi turun jalan dugaan korupsi dana bagi hasil cukai dan tembakau tahun 2015. Aksi baku hantam diduga lantaran ada seorang oknum yang dianggap profokator, akibatnya kericuhan terjadi disepanjang jalan.

Kericuhan bermula saat terjadi aksi dorong di depan kantor Pemkab Situbondo, antara puluhan massa PMII dengan kepolisian setempat. Meski petugas kepolisian Polres Situbondo hendak meredam, namun aksi dorong tersebut terus menambah emosi para pendemo hingga nyaris bentrok.

Kericuhan kembali pecah di tengah jalan raya depan kantor Pemkab Situbondo, seorang pemuda yang diduga provokator menjadi pemicu mahasiswa PMII Situbondo kembali anarkis. Beruntung puluhan polisi dengan sigap berhasil meredam aksi pendemo tersebut.

Sebelumnya puluhan pendemo menggelar aksi damai terkait dugaan korupsi DBHCT. Dalam tuntutannya, dugaan korupsi dana bagi hasil cukai dan tembakau tahun 2015 lalu telah menjerat dua pejabat asn dan dua kontraktor.

Jufaldi, kordinator demo, mengatakan, dalam fakta persidangan di Pengadilan Tipikor Surabaya beberapa waktu lalu. Terdakwa Kusnin mantan Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Tranmigrasi pernah menyerahkan uang sebesar Rp 150 juta kepada seorang pria perinisial AG di ruang kerja Seketaris Daerah Situbondo, Saifullah.

Sehingga majelis hakim memerintahkan kepada jaksa penuntut umum, untuk mengagendakan memeriksa sekda dan pria berinisial AG.

Puluhan mahasiswa PMII tak hanya membentangkan poster di depan kantor pemkab situbondo. Dalam orasinya, mereka meminta sekda untuk dicopot dari jabatannya. (yos)



Berita Terkait


Mahasiswa dan Alumni Unsuri Gelar Aksi Damai Tuntut Transparansi Pihak Yayasan

Demo Tolak Raperda Miras, Mahasiswa Bentrok Dengan Polisi

Puluhan Mahasiswa PMII Demo ke Dinsos Terkait Amburadulnya Pendistribusian BPNT

Mahasiswa dan Alumni Unsuri Demo Segel Kampus Tuntut Reformasi Kampus Perbaikan


Minta Lepas NKRI, Demo Mahasiswa Papua Dihadang Ormas

Baru Menjabat Sebulan, Kapolres Sumenep Disambut Demo Mahasiswa

Demo Mahasiswa di Sumenep Berlangsung Ricuh

Bupati Lumajang Baru Dilantik Sudah Didemo Mahasiswa, Kenapa Ya..

Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber