Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Peristiwa 

Ratusan Warga Ponorogo Kirab Seribu Takir
Senin, 04-02-2019 | 14:45 wib
Oleh : Heru Kuswanto
Ponorogo pojokpitu.com, Ratusan warga menggelar tradisi kirab 1000 takir, dengan berjalan kaki sejauh 2 kilometer. Ritual Ini digelar ratusan warga Desa Sampung, Kecamatan Sampung, Ponorogo.

Tradisi umbul dungo 1000 takir ini, merupakan sarana untuk memanjatkan doa kepada yang maha kuasa, agar wisata alam di desanya dapat dikenal masyarakat luas dan diberi keberkahan.
 
Setelah melakukan ritual, takir berisikan nasi kuning, telur yang di dibungkus daun pisang ini, langsung di kirap keliling desa, mulai dari goa lowo menuju gunung gamping,  gunung yang menjadi mata pencaharian warga sekitar.
 
Sugiri Sancoko menjelaskan, warga meyakini dengan mengelar tradisi warisan nenek moyang, mereka bisa terhindar dari segala aral bahaya. Termasuk penyakit demam berdarah yang saat ini mewabah di Kabupaten Ponorogo

"Dengan diadakan kegiatan ini, situs wisata goa lowo dan gunung gamping yang ada di Desa Sampung dapat lebih dikenal dimasyarakat luas dan menjadi desa wisata," jelas Sugiri Sancoko.

Usai dikirab dan diberikan doa, makanan dalam takir ini langsung dimakan bersama sama.

Warga berharap, pemerintah desa setempat ikut mendukung penuh kegiatan tersebut agar menjadi agenda rutin setiap tahun. (yos)

Berita Terkait


Ratusan Warga Ponorogo Kirab Seribu Takir


Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber