Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Life Style 

Inilah Cara Mengubah Kepribadian Negatif Anda
Senin, 04-02-2019 | 05:18 wib
Oleh :
pojokpitu.com, Kepribadian negatif ternyata bisa diubah. Orang-orang selalu mengatakan bahwa mengenali masalah adalah langkah pertama untuk berubah, termasuk mengubah kepribadian Anda. Tetapi tidak ada yang memberi tahu Anda langkah keduanya. Jadi kita semua akhirnya berpikir bahwa semua yang perlu kita lakukan untuk menyelesaikan masalah dengan mengakui masalahnya.

Kini, sebuah studi baru yang diterbitkan dalam Journal of Personality and Social Psychology mengklaim bahwa jika Anda mencoba, Anda bisa pada kenyataannya, membuat perubahan yang berarti.

Para peneliti meminta 377 mahasiswa psikologi untuk menentukan mana dari Lima Kepribadian Besar - yang mencakup Keterbukaan, Kesadaran, Ekstraversi, Agreeableness dan Neuroticism, yang ingin mereka ubah.

Sebagian besar memilih dua sifat dan mayoritas ingin menurunkan Neuroticism mereka dan meningkatkan Extraversion mereka.

Pada awal studi 15 minggu, para siswa menyelesaikan tes kepribadian 60-item dan memilih maksimal empat tantangan yang diajukan oleh ahli kepribadian untuk membantu mereka mencapai tujuan mereka.

Misalnya, mereka yang ingin menjadi lebih terbuka diminta untuk melakukan sesuatu yang relatif mudah, seperti menyapa kasir hingga sesuatu yang sangat sulit, seperti menjadi sukarelawan untuk peran kepemimpinan.

Seseorang yang ingin lebih terbuka diminta untuk melakukan sesuatu semudah membaca berita tentang negara asing atau sesulit mencoba memahami perspektif seseorang yang memiliki pendapat yang sangat berbeda.
Pada akhir setiap minggu, siswa ditanyai apakah mereka telah menyelesaikan tantangan ini dan menerima lencana ketika mereka melakukannya untuk menambah motivasi ekstra.

Apa yang peneliti temukan adalah mereka yang telah menyelesaikan tantangan melihat perubahan yang jauh lebih besar daripada mereka yang tidak.

Jadi, jika Anda ingin membuat perubahan bermakna pada ciri-ciri kepribadian tertentu, Anda harus menindaklanjutinya dengan tindakan. Anda perlu menantang zona nyaman Anda dengan memaksa diri Anda ke posisi yang lebih tidak nyaman.

"Implikasi terbesar dari penelitian kami adalah bahwa secara aktif terlibat dalam perilaku yang dirancang untuk mengubah sifat kepribadian seseorang, pada kenyataannya, cukup berhasil," kata seorang psikolog kepribadian sosial di Southern Methodist University dan penulis utama studi ini, Nathan Hudson, seperti dilansir laman MSN.

Namun hanya menginginkan perubahan dan merumuskan rencana saja tidak cukup, hal ini perlu ditindaklanjuti. Pada tingkat psikologis, mudah untuk melihat mengapa orang-orang yang gagal memenuhi tantangan mereka semakin tenggelam ke dalam sifat kepribadian yang ingin mereka ubah.

Ketika Anda tidak bisa memaksakan diri untuk membuat langkah-langkah yang bisa ditindaklanjuti untuk berubah, maka akan mudah untuk merasa kehilangan motivasi.(fny/jpnn/pul)

Berita Terkait


Inilah Cara Mengubah Kepribadian Negatif Anda


Cara Makan Ini Menunjukkan Kepribadian Anda

Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber