Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Metropolis 

Jalan Gunungsari dan Jalan Dinoyo, hari ini akhirnya resmi berganti nama menjadi Jalan Prabu Siliwangi dan Jalan Sunda. Peresmian kedua nama jalan baru tersebut, dibarengi dengan peletakan batu pertama monumen perjuangan Mastrip yang bertepatan di A Yani Golf. Foto Ainul Khilmiah
Jalan Prabu Siliwangi dan Sunda Resmi Gantikan Jalan Gunungsari dan Dinoyo
Minggu, 03-02-2019 | 19:29 wib
Oleh : Ainul Khilmiah
Berita Video : Jalan Prabu Siliwangi dan Sunda Resmi Gantikan Jalan Gunungsari dan Dinoyo
Surabaya pojokpitu.com, Mulai Minggu (3/2) hari ini, Kota Surabaya punya dua nama jalan baru. Kedua nama jalan tersebut merupakan hasil perubahan dari sebagian nama Jalan Gunungsari Dan Dinoyo.

Jalan 600 meter Jalan Gunungsari dari pintu tol Gunungsari hingga ke perbatasan Bumi Marinir Gunungsari, berubah menjadi Jalan Prabu Siliwangi. Sedangkan 300 meter Jalan Dinoyo juga berubah menjadi Jalan Sunda. Hal ini merupakan hasil dari rekonsiliasi atau harmonisasi antara budaya Jawa dan Sunda yang dicetuskan oleh Gubenur Jawa Timur bersama Gubenur Jawa Barat.

Sebagian nama jalan tersebut diresmikan secara langsung oleh Gubenur Jawa Timur, Soekarwo.  Meski telah disahkan sejak 11 Agustus 2018 di rapat paripurna DPRD Kota Surabaya, ternyata masih menyisakan perdebatan.

Soekarwo Gubenur Jawa Timur mengakui, perubahan nama jalan sempat mendapat penolakan dari beberapa pihak, khususnya para pemerhati sejarah. Bahkan keluarga veteran mastrip. Karena dianggap sebagai upaya pengaburan sejarah di Jalan Gunungsari.

Namun Pemerintah Provinsi Jawa Timur akhirnya menemukan titik tengah. Selain melakukan penggantian nama jalan, Pemprov Jatim juga membangun monumen perjuangan Mastrip di samping Jalan Gunungsari tepatnya di A Yani Golf.

"Pembangunan monumen sebagai bentuk penghargaan perjuangan Mastrip di Jalan Gunungsari," kata Soekarwo.

Penolakan perubahan nama jalan ini masih terjadi, bahkan saat peresmian berlangsung. Beberapa orang yang mengatas namakan Gerakan Peduli Rakyat Suroboyo, menggelar aksi penolakan terhadap perubahan nama jalan tersebut. Alasannya dianggap dapat mengaburkan sejarah dan tidak ada keterkaitannya dengan rekonsiliasi budaya. Meski begitu, sebagian nama jalan Gunungsari dan Dinoyo mulai hari ini tetap resmi diganti. (pul)

Berita Terkait


Keluarga Bung Tomo Tolak Perpindahan Nama Jalan Bung Tomo

Tirulah penamaan Jl. Stasiun kota, Jl. Stasiun wonokromo dan Jl. Smea

Kuatkan Kota Pahlawan, Pemkot Surabaya Ajukan Perubahan Nama Sejumlah Jalan

Jalan Prabu Siliwangi dan Sunda Resmi Gantikan Jalan Gunungsari dan Dinoyo


Tak Setuju Perubahan Nama Jalan, Dua Pejuang Veteran Temui Soekarwo

Diwarnai Aksi WO, Perubahan Nama Jalan Gunungsari dan Dinoyo Disahkan

Perubahan Nama Jalan Tetap Berjalan dan Rapat Paripurna Diwarnai Walk Out

Tolak Perubahan Nama Jalan, Pejuang Veteran Ikut Geruduk Kantor Dewan

Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber