Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Peristiwa 

Komunitas Gus Durian Bantu Umat Konghucu Bersihkan Klenteng Tjoe Tik Kiong Pasuruan
Rabu, 30-01-2019 | 19:30 wib
Oleh : Abdul Majid
Pasuruan pojokpitu.com, Nuansa berbeda nampak pada kegiatan bersih-bersih Klenteng Tjoe Tik Kiong di Pasuruan. Jika pada tahun-tahun sebelumnya, kegiatan bersih-bersih klenteng hanya dilakukan oleh umat konghucu. Namun pada tahun ini, sejumlah anggota komunitas pecinta Gus Dur atau Gus Durian Pasuruan, ikut berpartisipasi membantu membersihkan klenteng, sebagai wujud kerukunan umat beragama.

Sepekan jelang perayaan tahun baru Imlek ke 2.570, umat konghucu di Kota Pasuruan, mulai melakukan kegiatan bersih-bersih Klenteng Tjoe Tik Kiong.

Namun ada nuansa yang berbeda pada saat kegiatan bersih-bersih yang dilakukan di Klenteng Tjoe Tik Kiong. Empat anggota dari komunitas pecinta Gus Dur atau Gus Durian Pasuruan, nampak ikut berpartisipasi membersihkan sejumlah patung dewa, yang berada di dalam klenteng.

"Kegiatan bersih-bersih ini dilakukan seminggu sebelum perayaan Imlek, yang dibantu oleh Komunitas Gus Durian Pasuruan ini bertujuan membersihkan patung-patung dewa, karena dengan bersihnya klenteng, dipercaya dapat menghilangkan aura negatif dan mendatangkan aura positif bagi umat konghucu," kata Kasi Keagamaan Klenteng Tjoe Tik Kiong Pasuruan, Yudi Dharma Santoso.

Dengan adanya bantuan dari Gus Durian ini diapresiasi dari berbagai pihak, khususnya dari Ketua Klenteng Tjoe Tik Kiong Pasuruan, Agus Sugiarto, mengaku senang dan berterima kasih kepada anggota Gus Durian karena telah membantu membersihkan klenteng, termasuk membersihkan patung dewa.

Kegiatan yang dilakukan oleh Gus Durian Pasuruan ini, merupakan wujud dari toleransi umat beragama, yakni saling menghormati dan menghargai meski berbeda agama dan keyakinan.(end)




Berita Terkait


Upacara Tolak Balak di Klenteng Tertua Surabaya

Rayakan Imlek Warga Tionghoa Blitar Gelar Kirap Barongsai

Hadiri Perayaan Imlek, Jokowi Ajak Warga Jangan Golput

Berkah Imlek, Penjual Burung Peking Kebanjiran Pembeli


Tahun Baru Imlek, Momen Minoritas Tionghoa di Pacitan Berkumpul

Juru Parkir Pemain Kepala Barongsai Mendapat Berkah di Tahun Baru Imlek

Tahun Baru Imlek Menjadi Berkah Bagi Pedagang Pernak-Pernik

Malam Imlek, Umat Tri Dharma Gelar Doa Bersama

Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber