Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Rehat 

Kerajinan Miniatur Rumah dari Tusuk Sate
Selasa, 29-01-2019 | 23:17 wib
Oleh : Khusni Mubarok
Tuban pojokpitu.com, Mengisi waktu luang selepas bekerja sebagai kuli bangunan, seorang bapak satu anak di Tuban Jawa Timur, berhasil membuat kerajinan miniatur rumah berbahan baku tusuk sate.

Batang-batang tusuk sate dari bambu ini disulap menjadi kerajinan miniatur rumah nan apik, lengkap beserta perabot rumah tangganya. Didalam rumah  juga dilengkapi lampu penerangan LED jika malam datang.

Adalag Agung Widodo (28) warga Desa Margorejo Kecamatan Kerek Kabupaten Tuban Jawa Timur, saat mengisi waktu selepas bekerja. Saat pulang dari bekerja, kuli bangunan ini mengulik ngulik batang bambu kecil kecil untuk di jadikan kerajinan.

Batang-batang bambu kecil ini adalah tusuk sate yang perbungkus dibeli oleh bapak satu anak ini seharga Rp 5 ribu, sebagai bahan baku utama kerajinan miniatur rumah buatannya.

Proses pembuatannya diawali dengan memotong motong tusuk sate ini sekitar 2 sampai 3 cm. Setelah terpotong menjadi bagian kecil-kecil, potongan tusuk sate ini kemudian di susun menjadi sebuah dinding miniatur rumah dengan menggunakan lem perekat.

Untuk satu miniatur rumah, Agung menghabiskan 5 hingga 6 lem perekat. Miniatur rumah ini di bangun disebuah bidang papan, dengan ukuran luas 20 cm kali 17 cm.

Miniatur rumah buatan Agung Widodo inipun tampak bagus dan menawan, karena sama persis dengan bentuk rumah asli. Bahkan didalam miniatur rumah ini juga dilengkapi perabot rumah tangga, seperti meja, kursi, dapur, taman, furnitur dapur, juga di lengkapi lampu taman dan lampu rumah dari led, untuk penerangan jika malam.

Menurut Agung Widodo pengrajin miniatur rumah, untuk sebuah miniatur rumah dari tusuk sate ini, "Saya menghabiskan waktu 1 hingga 2 minggu,  tergantung tingkat kesulitannya. 1 miniatur rumah dijual antara Rp 100 ribu hingga Rp750 ribu, tergantung untuk rumah 1 lantai atau 2 lantai," kata Agung Widodo.

Pembeli kerajinan miniatur rumah tusuk sate ini dari berbagai Kota di Jawa Timur, mulai dari Bojonegoro, Lamongan, Tuban hingga Surabaya. Agung memanfaatkan Medsos untuk memasarkan produknya itu, dari Medsos pula, para pembeli mengetahui hasil kerajinan tangan buatan Agung.

Berita Terkait


Warga Binaan Lapas Jombang Produksi Tas Rajut

Kerajinan Dari Barang Bekas Kreatifitas Warga Lapas

Kerajinan Daun Kering Yang Mendunia

Kerajinan Hiasan Dinding di Kecamatan Panarukan Beromset 15 Juta Perbulan


Kerajinan Hiasan Dinding di Kecamatan Panarukan Beromset 15 Juta Perbulan

Daun Pandan Disulap Jadi Berbagai Jenis Kerajinan Unik

Aneka Kerajinan Bambu Dari Lereng Gunung Hari

Produksi Kerajinan Manik di Jombang Turun

Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber