Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Ekonomi Dan Bisnis 

Stok Beras di Jawa Timur Aman Hingga Satu Tahun ke Depan
Selasa, 29-01-2019 | 19:11 wib
Oleh : Selvy Wang
Surabaya pojokpitu.com, Bulog Jatim memastikan stok beras di Jawa Timur aman hingga satu tahun ke depan. Dengan stok awal tahun mencapai 640 ribu ton. Stok Bulog sendiri digunakan untuk bebagai kebutuhan seperti operasi pasar, cadangan beras pemerintah, kebutuhan bencana alam, dikirim ke provinsi lain, raskin serta dijual komersial.

Memasuki awal tahun 2019, Bulog Jatim memastikan stok beras yang dimiliki aman hingga akhir tahun, yang mencapai 640 ribu ton. Tak hanya stok, Bulog juga akan melakukan pengadaan di tahun ini dengan target 351 ribu ton atau senilai Rp 3,2 trilun. Jumlah tersebut masih bisa bertambah sesuai kebutuhan.

Menurut Muhammad Hasyim, Kepala Bulog Divre Jatim, kebutuhan beras Bulog bermacam-macam seperti untuk operasi pasar yang mencapai 80 ribu ton per tahun. Selain itu, Bulog Jatim memasok kebutuhan provinsi lain yang mencapai 280 ribu ton per tahun, untuk 15 hingga 17 provinsi pada 2018 lalu. Terbanyak dikirim ke Papua, NTT dan Maluku.

Tak hanya itu, stok beras Bulog juga digunakan sebagai cadangan beras pemerintah, kebutuhan bencana alam, serta untuk dijual komersial di gerai Bulog.

Sementara itu, untuk kebutuhan raskin atau rastra sendiri mulai tahun ini. "Bulog Jatim hanya menyediakan 14 ribu ton, lebih sedikit dibanding tahun-tahun sebelumnya yang mencapai 500 hingga 550 ribu per tahun. Ini karena tahun ini kebutuhan raskin atau rastra diganti bantuan pangan non tunai (BPNT)," kata Muhammad Hasyim, Kepala Bulog Jatim.

Hasyim menambahkan, Jawa Timur menjadi lumbung beras secara nasional. Sejumlah daerah penghasil di Jawa Timur adalah Jember, Bojonegoro, Banyuwangi dan Madiun.(end)




Berita Terkait


Bulog Pastikan Stok Beras Aman Hingga Lebaran

Stok Beras Aman Jawa Timur Hingga Akhir Tahun

Stok Beras di Jawa Timur Aman Hingga Satu Tahun ke Depan

Stok Beras di Gudang Bulog Ponorogo Aman 3 Bulan ke Depan


Musim Kemarau, Stok Beras Bulog Aman

Stok Beras Habis, Ratusan Warga Penerima BPNT Keleleran

Bulog Pastikan Stok Beras Aman Hingga Lebaran

Bulog Subdrive Kediri Pastikan Stok Beras Aman Hingga Lebaran

Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber