Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Kesehatan 

Antisipasi Wabah DBD, PMI Cabang Jember Siapkan Stok Darah
Selasa, 29-01-2019 | 05:08 wib
Oleh : Felli Kosasi
Jember pojokpitu.com, Wabah demam berdarah yang hampir merata disejumlah lokasi di Indonesia, membuat permintaan darah semakin meningkat. Guna antisipasi hal tersebut, Palang Merah Indonesia (PMI) Jember langsung menggelontorkan ribuan kantong darah di jember bahkan untuk penopang wilayah Jawa Timur.

Data dari Dinas Kesehatan Jember ada 48 kasus penderita demam berdarah sejak awal Januari hingga akhir Januari 2019 ini, jumlah tersebut naik ketimbang bulan yang sama tahun lalu yang hanya mencapai 31 kasus. Penderita demam berdarah pada tahun ini lebih banyak  rawat jalan di rumah.

Karena memang kondisinya tidak terlalu parah yang dimungkinkan adanya kesadaran masyarakat, untuk menjaga kesehatan serta langsung berobat ke rumah sakit jika menemui gejala mirip demam berdarah. Sehingga di Jember tidak ada korban meninggal dunia karena demam berdarah.

Kepala PMI Jember, Zaenal, mengaku untuk bulan januari 2019 ini pihaknya menyediakan stok darah hingga 3500 kantong, selain untuk pasien umum juga penderita demam berdarah yang masih membutuhkan darah. Jumlah tersebut juga membantu ketersediaan stok di jawa Timur.

"Karena tiga kota di jawa timur yakni Surabaya,Sidoarjo dan Jember menjadi penopang kebutuhan darah di Jawa Timur bahkan nasional," jelas Zaenal.

Sementara itu bupati Jember, Faida MMR, mengapresiasi kinerja PMI cabang Jember dengan diresmikannya kantor baru secara mandiri baik peralatan dan laboratorium yang hanya ada 2 di Jawa Timur.

"Tolak ukur keberhasilan yakni kecepatan dan ketepatan PMI melayani permintaan darah dimanapun lokasinya, serta kesinambungan stok darah agar disaat waktu genting, stok darah Kabupaten Jember tetap aman," kata Faidah Mmr. (yos)

Berita Terkait


Pertolongan Pertama Saat Terserang Demam Berdarah

Lihat Nich, Aksi Ibu-Ibu Konvoi Cegah Demam Berdarah

Status KLB Demam Berdarah Ponorogo Dicabut

Status KLB Demam Berdarah di Ponorogo Diperpanjang


Pelajar Dilibatkan Pencegahan DBD

Penderita DBD Meningkat, Dinkes Magetan Belum Tetapkan KLB

Cegah DBD, Emak-Emak Bikin Ramuan Perangkap Nyamuk

Serangan DBD Tak Pandang Usia Korban

Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber