Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Peristiwa 

Rencana Aktifitas Pertambangan Batu Marmer Ditolak Sebagian Warga
Jum'at, 25-01-2019 | 07:30 wib
Oleh : Agus Bondan
Tulungagung pojokpitu.com, Rencana pembukaan tambang batu marmer dan kapur, oleh PT. Bukit Marmer Industri, di Desa Besole Kecamatan Besuki Tulungagung, mendapat penolakan dari sebagian warga.

Dalam pertemuan di kantor desa setempat pada Kamis (24/01) siang, mereka mempertanyakan proses terbitnya ijin, yang diklaim telah dikantongi pihak perusahaan. Warga yang kontra mengaku, selama ini mereka tidak pernah menyetujui kehadiran perusahaan tambang tersebut di lingkungan mereka.

Meski PT. Bukit Marmer Industri belum beroperasi, warga menolak rencana aktifitas pertambangan batu marmer ini, karena mereka khawatir akan dampak lingkungan yang ditimbulkan. Warga mengaku trauma, akan terjadi pencemaran limbah, seperti pabrik sebelumnya.

Suwaji, salah satu warga mengatakan, kehadiran perusahaan tambang marmer inipun membuat warga Dusun Nganginan Desa Besole terpecah menjadi 2 kubu. "Sebagian warga menerima kehadiran perusahaan, dan berharap akan membawa dampak positif bagi kesejahteraan warga sekitar," jelas Suwaji.

Sementara itu, menanggapi adanya penolakan oleh sebagian warga, Tyas, perwakilan pihak perusahaan mengaku tetap akan beroperasi. mereka mengklaim telah mengantongi ijin, dan justru akan terkena sanksi bila tidak segera beroperasi.

"Pihak perusahaan tetap akan membuka diri dan menjalin komunikasi dengan warga yang menolak kehadiran kita," jelas Tyas.

Menurut pihak perusahaan, sesuai dengan ijin yang telah mereka pegang PT. Bukit Marmer Industri, berhak melakukan aktifitas pertambangan di atas lahan seluas 5 koma sekian hektar di Desa Besole. (yos)

Berita Terkait


Rencana Aktifitas Pertambangan Batu Marmer Ditolak Sebagian Warga

Dampak Penambangan Semakin Parah, Puluhan Warga Tuntut Tutup Galian

Warga Tuntut Penambang Liar Dihentikan

Langgar Batas Galian, Polisi Grebek Galian C


Warga Jatirejo Tutup Paksa Penambangan Milik Keluarga Bupati

Dinilai Proyek Abal - Abal, Penambangan Galian C Didemo Warga

Diduga Melebihi Titik Koordinat, Penambangan Galian C Dihentikan Paksa

Warga Trenggalek Tolak Penambangan Emas

Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber