Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Peristiwa 

Inilah video yang tersebar di media sosial beberapa hari terakhir, kondisi bendungan sampean baru meluap dengan 7 pintu air terbuka. Foto: Rizqi Setiawan
Viral Video Sampean Baru Meluap, Petugas Pastikan Hoax
Selasa, 22-01-2019 | 16:24 wib
Oleh : Rizqi Setiawan
Berita Video : Viral Video Sampean Baru Meluap, Petugas Pastikan Hoax
Bondowoso pojokpitu.com, Setelah sempat viral video bendungan sampean baru meluap dan meresahkan warga, petugas UPT PSDAWS Sampean Setail, menyatakan bahwa video tersebut tidak benar atau hoax. Sejak awal musim penghujan, kondisi bendungan terpantau masih normal dan tidak berpotensi banjir.

Dari video yang tersebar di media sosial beberapa hari terakhir, kondisi bendungan sampean baru meluap dengan 7 pintu air terbuka. Selain itu tergambar juga tanda bahaya berupa alarm terus berbunyi bersama derasnya air mengalir ke hilir yakni arah Kabupaten Situbondo.

Video kondisi bahaya tersebut sempat membuat warga khawatir, lantaran hampir setiap hari wilayah Kabupaten Bondowoso diguyur hujan lebat sepanjang hari.

Menanggapi beredarnya video, Irma Enggarwati, Kasi Operasi UPT PSDAWS Sampean Setail, menyatakan bahwa video tersebut tidak benar atau hoax. "Saat ini bendungan sampean baru masih terpantau normal dan tidak berpotensi bencana banjir," kata Irma Enggarwati.

Pihaknya menambahkan, video air meluap memang diambil di bendungan, namun dapat dipastikan bukan musim hujan saat ini. Meskipun terjadi hujan terus menerus, tinggi elevasi muka air masih berada di angka 120,30 zona hijau dengan bukaan 4 pintu, sedangkan alarm dapat berbunyi setelah tinggi elevasi di zona merah yakni 120,95.

Petugas menghimbau warga untuk tidak panik dengan info apapun yang sumbernya tidak jelas, pihak bendungan telah bekerjasama dengan BPBD dan petugas pintu air di Kabupaten Bondowoso, Situbondo serta Banyuwangi untuk memberikan info akurat dengan penanganan cepat agar tidak terjadi bencana. (yos)

Berita Terkait


Walikota : Sikat Habis Hoax, Radikalisme, dan Narkoba

Istri Anggota POM TNI AU Diperiksa Polisi Terkait Ujaran Kebencian

Sebar Hoax Kasus Papua, Youtubers Ditangkap Polisi

Wawali Minta Warga Surabaya dan Papua Tidak Terpancing Isu Hoax


Terima Warga Baru, PSHT Sepakat Tolak Hoax dan Ujaran Kebencian

Sebar Hoax Kasus Papua, Youtubers Ditangkap Polisi

Wawali Minta Warga Surabaya dan Papua Tidak Terpancing Isu Hoax

Diduga Sebar Hoax, ASN di Lamongan Akan Diperiksa

Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber