Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Tempo Doeloe 

Berawal Dari Hobi, Ribuan Benda Kuno Bersejarah Jadi Tempat Foto Hits
Senin, 21-01-2019 | 05:20 wib
Oleh : Andi Nurcholis
Situbondo pojokpitu.com, Berawal dari hobi mengoleksi benda kuno, ribuan benda kuno milik seorang kolektor di Kecamatan Panarukan Sotubondo, dijadikan barang antik. Pahatan kayu eksotis berjejer didepan galeri dan dipajang rapi disetiap sudut ruangan, tidak hanya berfoto saja, pengunjung juga bisa teredukasi oleh benda kuno bersejarah.

Suasana pengunjung berada dalam galeri benda kuno yang diberi nama dengan galeri muara kasih. Lokasi ini, berada di Desa Duwet Kecamatan Panarukan Situbondo.

Pahatan kayu eksotis berjejer didepan galeri dan dipajang rapi di setiap sudut ruangan galeri milik Muhammad Nurullah. Setiap pengunjung yang mampir ke galeri muara kasih, bebas berfoto selfie dengan gratis tanpa biaya.

Barang ornamen jawa kuno siap memberikan suasana tempo dulu. Terdapat gerobak kuda jaman dulu dan lukisan jaman kerajaan majapahit, yang dikoleksinya sejak tahun 1980 silam.

Tidak sedikit juga pengunjung yang sengaja menggunakan baju tempo dulu, sehingga suasana di muara kasih tampak seperti jaman dahulu kala.

Selain berfoto tentunya pengunjung diberikan edukasi tentang sejarah masa lalu, salah satunya dengan bentuk asli rumah adat Situbondo yakni tabing tongkok.

Muhammad Nurullah, sang pengoleksi barang kuno percaya  bahwa jika suatu saat, barang kuno yang dikumpulkan sejak berusia 17 tahun ini akan berguna bagi masyarakat, terutama bagi edukasi untuk mengingat sejarah.

Meski banyak tawaran yang datang, Nurullah tidak menjual koleksi barang kuno agar masyarakat dan generasi penerusnya, bisa mempelajari barang kuno yang sarat dengan sejarah dan pembelajaran. (yos)

Berita Terkait


Berawal Dari Hobi, Ribuan Benda Kuno Bersejarah Jadi Tempat Foto Hits


Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber