Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Metropolis 

PT. Inka Ekspor 15 Unit Dari 250 Kereta Gerbong Pesanan Banglades Railway
Minggu, 20-01-2019 | 16:00 wib
Oleh : Bagus Setiawan
Surabaya pojokpitu.com, PT. Industri Kereta Api (Inka) Persero, kembali mengekspor kereta gerbong sebanyak 15 unit dari 250 kereta, dengan 2 tipe Broad Gauge (BG) dan Meter Gauge (MG) pesanan dari Banglades Railway. Kereta gerbong penumpang yang didesain khusus ini, secara resmi dikirim melalui kapal di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya.

PT. Inka kembali mengekspor kereta api gerbong penumpang, pesanan dari Banglades Railway, Minggu (20/1) siang dikirim melalui kapal di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya. Pengiriman ini disaksikan langsung Menteri Perindustrian RI Airlangga Hartarto, serta Dirut PT. Inka, Budi Noviantoro dan perwakilan dari negara Banglades.

Untuk eksport kereta gerbong penumpang kali ini, Banglades Railway memesan sebanyak 250 unit kereta dengan nilai total kontrak sebesar Rp 700 milyar, yang dikerjakan secara bertahap, dan baru menyelesaikan 15 unit kereta.

Sebelumnya, sebanyak 2 kali PT. Inka pernah mengekspor kereta di Banglades pada tahun 2006 sebanyak 50 kereta dan tahun 2016 sebanyak 150 unit kereta.

Budi Noviantoro, Dirut PT Inka, menjelaskan, khusus pesanan kereta gerbong ini terdiri dua tipe yaitu Broad Gauge berkapasitas 90 kursi serta tipe Meter Gauge kapasitas 60 dan 55 kursi.

"Kedua tipe ini sengaja didesain khusus yaitu lebih berat dan memiliki lebar 1 meter serta 1, 6 meter. Kereta ini, juga memiliki beban yang cukup untuk bisa dinaiki dari atas atau dibagian atap," jelas Nudi Noviantoro.

Dirut PT. Inka, Budi Noviantoro menambahkan, ditargetkan sisa pengerjaan kereta ini bisa terselesaikan akhir tahun 2019. Selain mengeskpor kereta gerbong ke Banglades.

"PT. Inka juga pernah memenuhi pesanan dari negara Malaysia, Singapura, Thailand, serta lokomotif di Filipina, dan Australia," kata Budu Noviantoro. (yos)

Berita Terkait


Jalur Ganda Kereta Api Siap Dioperasikan

Berobat di Dalam Kereta Api

Jumlah Penumpang Kereta Api di KAI Daop VIII Mulai Melonjak

Nekad Menerobos Pintu Perlintasan Kereta Api, Siap-Siap Didenda Rp 750 Ribu


Histeris Empat Korban Tewas Tersambar Terseret Kereta Api

Pengendara Motor Tewas Tersambar Kereta Api

Berobat di Dalam Kereta Api

Kereta Api Lokal Gratis Pada Tanggal 17 Agustus

Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber