Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Peristiwa 

Tikus Menyerang Persawahan, Ratusan Petani Gelar Gropyokan
Sabtu, 19-01-2019 | 23:21 wib
Oleh : Tova Pradana
Madiun pojokpitu.com, Memasuki musim tanam pertama tahun 2019 , ratusan petani di Desa Kedungrejo Kecamatan Pilangkenceng kabupaten Madiun, bersama sama memburu tikus atau dikenal dengan gropyokan.

Gropyokan massal dibantu tim penyuluh dan mantri dari Dinas Pertanian dan Perikanan setempat. Sebelumnya, para petani resah karena hama tikus mulai menyerang sejak beberapa bulan terakhir. Akibatnya banyak tanaman padi mengalami kerusakan. Apabila dibiarkan, maka menyebabkan hasil panen berkurang dan petani merasa rugi.

Kegiatan pengendalian hama tikus , gropyokan tikus ini lebih modern. Dengan cara emposan menggunakan racun alpostran (mercon tikus).

Dengan cara ini petani tidak harus capek berburu tikus, cukup dengan memasang emposan dan mengasapi lubang lubang tikus. Setelah 10 menit, kemudian tikus tikus itu akan keluar dan mabuk .

Menurut Ahmad Dawami Ragil Saputro, Bupati Madiun, gropyokan tikus dilakukan petani tidak hanya pada pagi hari saja. Malam mereka  lakukan bersama sama membasmi hama tikus. Tradisi gropyokan tikus ini setiap tahun dilakukan, pada awal musim penghujan. Luasan sawah di desa tersebut mencapai 222 hektar, maka tak heran jika lahan padi seluas itu menjadi sasaran hama tikus .

Hasil tikus yang ditangkap, dimusnahkan semuanya. Diharapkan kedepan serangan hama tikus sudah mulai berkurang. "Pemkab Madiun akan selalu memantau dan menggalakan kegiatan gropyokan dengan melibatkan para petani dan penyuluh pertanian," kata Ahmad Dawami Ragil Saputro. (pul)



Berita Terkait


Ratusan Hektar Sawah Gagal Tanam Akibat Diserang Hama Tikus

Upaya Gropyokan Tidak Mempan, Petani Resah Hama Tikus Merajalela

Petani Resah, Tanaman Padi Rusak Diserang Hama Tikus

Jelang Musim Tanam Warga Tangkap Ribuan Tikus


Jelang Musim Tanam Warga Tangkap Ribuan Tikus

Polemik Jebakan Hama Tikus Beraliran Listrik

Wanita Tewas Tersengat Aliran Listrik Jebakan Tikus

Hama Tikus Rusak Hektaran Pertanian Melon Siap Panen, Petani Resah Terancam Rugi
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber