Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Pilkada 

Sebanyak 12 warga binaan menjalani perekaman KTP elektronik. Foto Hasan
Jelang Pemilu 2019, Sejumlah Napi Ikut Perekaman e-KTP
Sabtu, 19-01-2019 | 03:18 wib
Oleh : Moh. Hasan
Pamekasan pojokpitu.com, Menjelang pemilihan umum 2019, sejumlah warga binaan lembaga pemasyarakatan (Lapas) kelas 2A Pamekasan menjalani perekaman KTP elektronik (e-KTP) oleh Dinas Kependudukan Pencatatan Sipil setempat. Perekaman dilakukan Napi penghuni Lapas agar tidak dicabut hak pilihnya.

Menurut Herman Kusnadi, Kepala Dinas Dispendukcapil Pamekasan,  kegiatan ini merupakan agenda kegiatan program pemerintah pusat maupun kabupaten/kota. Sesuai dengan surat edaran dari Kementrian Dalam Negeri untuk melaksanakan gerakan nasional jemput bola di Lapas atau Rutan se Indonesia.

Herman menegaskan, hal itu agar narapidana penghuni lembaga pemasyarakatan atau rumah tahanan tidak dicabut hak pilihnya. Serta bisa menggunakan hak pilihnya dalam Pemilu 2019 mendatang.

"Dalam pelaksanaan program pemerintah ini, untuk di Lapas Pamekasan hanya 12 orang yang harus mengikuti perekaman KTPelektronik," Kata Herman Kusnadi.

Hal senada juga ditegaskan oleh Kalapas Kelas 2A Pamekasan, M. Hanafi. Menurutnya, program kerjasama dengan Dispendukcapil dan KPU ini,  pihaknya akan berupaya untuk memperjuangkan hak-hak politiknya para narapidana. Khususnya, bagi warga binaan yang berasal dari luar daerah.

"Mereka, warga binaan yang masuk ke Lapas Kelas 2A Pamekasan, saat ditangkap dan diserahkan rata-rata tidak disertakan pula KTP," kata M. Hanafi.

Menururt data Lapas Kelas 2A Pamekasan, jumlah total warga binaan sebanyak 1.002 orang. Dengan rincian, untuk warga binaan asal Kabupaten Pamekasan sebanyak 137 orang.  Sedangkan selebihnya sebanyak 865 orang,  merupakan berasal dari luar daerah Pamekasan. (pul)

Berita Terkait


Razia Napi, Petugas Temukan Benda-Benda Ini

Sudah Jalani 4 Tahun, Napi Teroris Bebas Dari Lapas Tulungagung

Eks Napi Sulap Lidi Jadi Piring Cantik

Puluhan Narapidana Lapas Kelas 1 Surabaya Ikuti USBN


Lapas Pasuruan Ajak Napi Bersihkan Masjid

Eks Napi Sulap Lidi Jadi Piring Cantik

Puluhan Napi Narkoba Lapas Tuban di Tes Urine BNNK

Sukses Panjat Dinding Lapas, Napi Heri Siswanto Melarikan Diri

Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber