Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Metropolis 

Subdit III Jatanras Ditreskrimum Polda Jatim berhasil menangkap 2 komplotan pembajak truk kontainer muatan barang elektronik dan rokok di wilayah Jawa Timur. Foto Yus
Dua Komplotan Pembajak Kontainer Dibekuk Polisi
Jum'at, 18-01-2019 | 11:40 wib
Oleh : Yusmana Windarto
Surabaya pojokpitu.com, Dua komplotan pembajak truk kontainer berhasil ditangkap subdit III jatanras ditreskrimum polda jatim. Satu komplotan merupakan pembajak truk pengangkut rokok, sedangkan komplotan lain diketahui sebagai membajak truk berisi produk elektronik.

Komplotan ini beranggotakan 15 orang yang beraksi secara terencana. Menurut Kombes Pol Gupuh Setiyono, Direskrimum Polda Jatim, satu komplotan dari kasus penggelapan kontainer muatan rokok. Terdiri dari 7 orang tersangka. Satu komplotan lain, merupakan pembajak truk kontainer muat barang elektronik.

"Modus yang mereka lakukan, adalah bekerjasama dengan para sopir truk yang membawa barang-barang berharga di dalam muatannya," kata Kombes Pol Gupuh Setiyono.

Tak hanya itu, modus yang digunakan para tersangka terbilang baru dengan cara memberikan iming-iming uang yang cukup besar kepada sopir truk. Sopir akan membawa barang berharga dengan kontainer dan dibuntuti serta mengacak jaringan GPS di dalam truk oleh pelaku. Selanjutnya, mereka membongkar truk dan mengambil semua barang muatan dan langsung meninggalkannya.

Akibat perbuatan dua komplotan ini, pemilik muatan mengalami kerugian mencapai Rp 8 miliar untuk barang bukti 779 karton rokok, dan Rp 2 miliar dari alat-alat elektronik lainnya.

Dua komplotan ini ditangkap secara terpisah dan waktu yang berbeda. Dua komplotan ini dijerat pasal 372 KUHP tentang penggelapan, dan pasal 480 KUHP tentang penadah barang curian, dengan ancaman hukuman hingga lima tahun penjara. (pul)

Berita Terkait


Dua Komplotan Pembajak Kontainer Dibekuk Polisi

Trailer Muat Rokok Dibajak, Kini Ditemukan di Margomulyo


Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber