Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Metropolis 

231 Barang Bukti Radio Ilegal di Jawa Timur Dimusnahkan
Kamis, 17-01-2019 | 19:01 wib
Oleh : Ainul Khilmiah
Surabaya pojokpitu.com, Sejumlah 231 barang bukti pelanggaran penggunaan spektrum frekuensi radio selama 2010 hingga 2015 di Jawa Timur berhasil dimusnahkan di Balai Monitor Spektrum Frekuensi Radio Kelas 1 Surabaya. Pada tahun tersebut, pelanggaran tertinggi terjadi pada tahun 2013 dan kian menurun hingga tahun 2018.

Sepanjang tahun 2010 hingga tahun 2015, Balai Monitor Spektrum Frekuensi Radio Kelas 1 Surabaya menemukan adanya 231 pelanggaran penggunaan spektrum frekuensi radio di Jawa Timur. Penyiaran atau broadcasting menempati posisi tertinggi pelaku pelanggaran tersebut. 49 persen atau sejumlah 113 pelanggaran dilakukan oleh penyelenggara radio ilegal.

Pelanggaran tersebut ditemukan setelah petugas melakukan operasi penertiban dan melakukan penanganan gangguan. Jenis pelanggaran dari 231 kasus tersebut juga beragam, di antaranya pengoperasian tak berijin, perangkat yang tak bersertifikasi, dan pengoperasian yang tidak sesuai.

"Sebanyak 231 barang bukti pelanggaran spektrum frekuensi tahun 2010 hingga 2015 yang terdiri dari 113 pemancar radio FM, 63 perangkat alat komunikasi, 21 STL, 23 penguat sinyal dan jammer, serta 11 antena dan beberapa perangkat lainnya, berhasil dimusnahkan pagi tadi," kata Sensilaus Dore, Kepala Balai Monitor Spektrum Frekuensi Radio Kelas 1 Surabaya.

Dari tahun 2010 hingga saat ini, pelanggaran penggunaan spektrum frekuensi radio paling tinggi terjadi pada tahun 2013 dan semakin menurun. Pada tahun 2018 kemarin pelanggaran tersebut menurun drastis, hanya 15 pelanggaran radio ilegal yang ditemukan, yang kini sedang dalam proses perijinan.

Sementara itu, pelanggaran spektrum frekuensi radio yang sempat mengganggu layanan navigasi penerbangan yang terjadi beberapa waktu yang lalu di Jawa Timur juga sudah ditindak dan kini sedang diproses.(end)

Berita Terkait


Pemusnahaan Barang Bawaan Penumpang Pesawat

Polisi Serahkan 10 Motor Hasil Begal ke Pemiliknya

Kejari Lamongan Tolak Tudingan Hilangkan Barang Bukti

Kejari Malang Musnahkan Ribuan BB Narkoba


Polisi Ungkap Identitas Pelaku Ranmor dan Barang Bukti Kejahatan

Polisi Beberkan Barang Bukti Bandar Narkoba Yang Ditembak Mati

Olah TKP Kebakaran, Tim Labfor Datangi SPBU dan Amankan Barang Bukti

Diduga Hilangkan Barang Bukti, Warga Temukan Motor Curian di dalam Sungai

Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber