Berita Terbaru :
   

Pemuda Desa Sulap Limbah Kayu Jadi Kerajinan Siluet dan Kaligrafi
Ekonomi Dan Bisnis  Kamis, 17-01-2019 | 01:18 wib
Reporter : Rizqi Setiawan
Sejumlah pemuda di Desa Pejaten Kecamatan Kota Bondowoso, menyulap limbah kayu sisa meubel menjadi berbagai kerajinan. Seperti siluet wajah, kaligrafi, jam dinding dan miniatur rumah pohon. Foto Riz
Berita Video : Pemuda Desa Sulap Limbah Kayu Jadi Kerajinan Siluet dan Kaligrafi
Bondowoso pojokpitu.com, Di Desa Pejaten Kecamatan Kota Bondowoso, memang dikenal sentra produksi meubeler. Setiap harinya banyak sisa kayu yang terbuang begitu saja dan hanya untuk kayu bakar. Namun ditangan para pemuda desa, limbah kayu disulap menjadi berbagai kerajinan bernilai tinggi.

Beberapa kerajinan yang telah dihasilkan diantaranya, siluet wajah berbahan kayu tipis, jam dinding berbagai bentuk, kaligarafi 3 dimensi, serta minuatur rumah pohon yang seluruhnya terbuat dari bahan kayu.

Sejak diluncurkan akhir 2018 lalu, kerajinan tersebut laris manis di pasaran. Utamanya pasar online melalui media sosial. Perajin juga memberikan kebebasan kepada pemesan terkait bentuk, bahan dan ukuran sesuai selera.

Sejumlah karya terbaik pemuda pejaten antara lain, siluet wajah Presiden Pertama Soekarno, Presiden Jokowi, jam dinding bertuliskan nama, kaligrafi, serta nama berikut alamat rumah yang biasa dipajang di dekat pintu.

Menurut Junianto Kepala Desa Pejaten, kreasi kerajinan limbah kayu sudah dipesan pembeli dari sekitar Bondowoso serta beberapa kabupaten tetangga seperti, Jember dan Situbondo.

Selain pemasaran secara online, kerajnan limbah kayu juga telah mengikuti beberapa pameran kerajinan. Harganya pun bervariasi, mulai dari Rp 50 ribu hingga Rp 100 ribu. (pul)

Berita Terkait

Oleh-Oleh Lebaran Berkah Bagi Pengrajin Lukisan Kaligrafi Limbah Serbuk Kayu

Memberdayakan Warga Putus Sekolah Dengan Bisnis Kaligrafi

Oleh-Oleh Labaran Berkah Bagi Pengrajin Lukisan Kaligrafi Limbah Serbuk Kayu

Kaligrafi Arab Untuk Hiasan Dinding Mulai Diburu
Berita Terpopuler


Cuplikan Berita
Marah, Kapolda Copot Oknum Kapolsek Karena Tertidur Saat Rapat Dengan Walikota
Pojok Pitu

H-2 Lebaran, Stasiun Gubeng Surabaya Sepi Penumpang
Pojok Pitu

PSBB Surabaya Raya Bisa Diperpanjang, 2 Tahap Sebelumnya Dinilai Tak Efektif
Jatim Awan

Unik, Anak Anak Ini Berebut Uang Lebaran di Pagar Rumah Warga
Jatim Awan


Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber