Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Teknologi 

Inilah mobil balap listrik hasil rancangan 20 mahasiswa jurusan Teknik Mesin Politeknik Negeri Banyuwangi. Foto: Iqbal Mustika
Mobil Listrik Pertama Buatan Mahasiswa di Banyuwangi
Rabu, 16-01-2019 | 03:20 wib
Oleh : Iqbal Mustika, Handoko Khusumo
Banyuwangi pojokpitu.com, Tidak mau kalah untuk berinovasi menciptakan karya mobil listrik, mahasiswa Perguruan Tinggi Politeknik Negeri Banyuwangi (Poliwangi), berhasil merakit mobil balap bertenaga listrik. Mobil yang diberi nama gajah oling KM 13 ini, selain memiliki kecepatan tinggi, juga irit bahan bakar dan ramah lingkungan. Cukup dengan mengisi baterai selama 5 jam, mobil listrik ini mampu menempuh jarak sekitar 60 kilometer.

Mobil balap listrik ini, digerakan dengan mengunakan tenaga accu baterai 12 volt ampere berjumlah 4 buah dengan daya tahan 5 hingga 6 jam, untuk menghidupkan satu motor listrik dengan kecepatan 50 kilometer perjamnya.

Mobil listrik ini diberi nama gajah oling KM 13 yang memiliki arti gajah oling merupakan simbol batik khas Banyuwangi, sementara untuk KM 13, diambil dari nama jalan kilometer di kampus Politeknik Negeri Banyuwangi.

Muhammad Rizky Azizi, Ketua Tim Pembuatan Mobil Listrik, menjelaskan, mobil listrik ini didesain dengan rangka kokoh dengan bentuk seperti mobil balap formula, karena dirancang khusus di lintasan balap.

Selain itu, mobil ini memiliki kelebihan hemat energi dan ramah lingkungan. Dalam jarak tempuh 10 kilometer, mobil ini hanya menghabiskan 3 volt baterai saja.

Ide pembuatan mobil listrik ini, berawal dari keinginan mahasiswa fakultas teknik mesin untuk membuat inovasi baru yakni mobil listrik.

"Dibutuhkan waktu sekitar 6 bulan untuk membuat mobil listrik ini, mulai dari perencanaan rangka, desain dan kapasitas waktu uji coba mobil berjalan," kata Muhammad Rizky Azizi, Ketua Tim Pembuatan Mobil Listrik.

Bahan yang dibutuhkan untuk membuat satu mobil listrik, yakni besi apollo, plat, aksesoris mobil serta satu buah motor listrik.

Untuk pembuatan satu mobil listrik ini, dibutuhkan biaya sekitar Rp 80 juta rupiah. Mobil balap listrik pertama kali di banyuwangi ini, telah berhasil menyabet gelar juara pertama katerogi efisiensi di ajang Kompetisi Mobil Listrik Indonesia (KMLI) tahun 2018, dengan menyelesaikan sepuluh putaran yang diujikan di Politeknik Negeri Bandung, (Polban)

Diharapkan, mobil balap listrik akan terus dikembangkan dengan menambah kecepatan dan melakukan perbaikan pengereman serta inovasi-inovasi agar body terlihat lebih ringan dan elegan. (yos)

Berita Terkait


Keren, Mobil Listrik Mini Tarik Pesawat Boeing 777F

Hyundai dan KIA akan Dirikan Pabrik Mobil Listrik di India

Tiga Mobil Hemat Energi ITS Siap Bertanding Dikancah Internasional

Mobil Listrik Pertama Buatan Mahasiswa di Banyuwangi


Bangga, Mobil Listrik Mahasiswa UB Raih Prestasi di Singapura

Mobil Listrik Wiebe Tak Didesain Untuk Banjir

Jokowi Uji Coba Mobil Listrik Ezzy ITS II

Pemerintah Dukung Produksi Motor dan Mobil Listrik Nasional

Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber