Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Citizen Journalism 

Mustakim Kepala Balai Bahasa Jawa Timur
Balai Bahasa Gelar Aksi Nasional Pengutamaan Bahasa Negara
Selasa, 15-01-2019 | 13:00 wib
Oleh : Pulung Aji
Surabaya pojokpitu.com, Balai Bahasa Jawa Timur, Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, mengadakan aksi nasional meningkatkan ketertiban berbahasa di ruang publik. Sebagai bagian dari pendidikan literasi sepanjang hayat sesuai dengan amanat UU Nomor 24 Tahun 2009 tentang Bendera, Bahasa, dan Lambang Negara, serta Lagu Kebangsaan.

Menurut Mustakim Kepala Balai Bahasa Jawa Timur, aksi nasional ini berupa pemberian penghargaan wajah bahasa sekolah untuk tingkat SMP/MTs se-Jawa Timur.

"Peserta atas nama lembaga sekolah mendaftarkan diri dengan cara mengirimkan foto-foto objek penggunaan bahasa lembaga sekolah masing-masing ke alamat pos-el wajahbahasajatim2019@gmail.com dengan mencantumkan subjek pengiriman: nama sekolah_wilayah_nama pengirim_nomor telepon pengirim," kata Mustakim.

Penilaian peserta aksi dilakukan terhadap 10 objek foto penggunaan bahasa di sekolah untuk tujuh kriteria penilaian. Panitia akan menentukan lima lembaga sekolah SMP/MTs terbaik se-Jawa Timur untuk mendapatkan penghargaan Wajah Bahasa Sekolah Tingkat Provinsi Tahun 2019 dan sekaligus akan dikirim ke Jakarta untuk tingkat nasional.      

Menurut Mustakim, sebenarnya penggunaan bahasa di ruang publik merupakan cerminan sikap dan kompetensi penggunanya. Oleh karena itu, diperlukan sikap positif, yaitu sikap tertib berbahasa, agar penggunaan bahasa di ruang public, sesuai dengan ketentuan hukum dan kaidah kebahasaan.

Untuk itu, pemerintah perlu menciptakan ketertiban berbahasa dengan mengendalikan bahasa asing guna menguatkan bahasa negara di ruang publik salah satunya di sekolah.

"Sedangkan wajah bahasa sekolah merupakan gambaran atas sikap positif terhadap penggunaan bahasa Indonesia sebagai bahasa negara di lingkungan sekolah," jelas Mustakim. (pul)

Berita Terkait


Diseminasi Gerakan Literasi Nasional Sebagai Upaya Membangun Budaya

Balai Bahasa Gelar Diseminasi Gerakan Literasi Nasional di Mojokerto

Bimtek Gerakan Literasi Nasional Penulisan Cerpen 3 Paragraf Digelar di Probolinggo

Balai Bahasa Jatim Gelar Bimtek Gerakan Literasi Nasional di Probolinggo


Balai Bahasa Gelar Revitalisasi Sandur Manduro

Balai Bahasa Gelar Aksi Nasional Pengutamaan Bahasa Negara

Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber