Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Metropolis 

Cegah DBD, Galakkan Penanaman Tumbuhan Anti Nyamuk di Musim Penghujan
Minggu, 13-01-2019 | 04:54 wib
Oleh : Ainul Khilmiah
Surabaya pojokpitu.com, Maraknya penyakit demam berdarah khususnya di musim penghujan, membuat ibu-ibu di kelurahan nginden kompak menggalakkan penanaman tumbuhan anti DBD. Tumbuhan yang ditanam ini diletakkan di depan rumah warga, sebagai pengusir nyamuk.

Jika biasanya mengusir nyamuk dilakukan dengan dengan menggunakan obat nyamuk atau semprotan anti nyamuk, berbeda dengan warga Kelurahan RT 9 RW V Nginden, Sukolilo Surabaya ini. Mereka memanfaatkan beberapa jenis tumbuhan herbal untuk mengusir nyamuk.

Ibu-ibu di Kelurahan Nginden inipun kompak menggalakkan penanaman beberapa jenis tumbuhan seperti serai wangi, lavender, zodia dan rosemary yang ampuh untuk mengusir nyamuk.

Eka Sri Lestari, kader jemantik Kelurahan Nginden, menjelaskan, tumbuhan anti nyamuk tersebut di tanam di dalam pot dan diletakkan di depan rumah  sebagai anti nyamuk.

"Penanaman dilakukan untuk mencegah penyakit demam berdarah yang akhir-akhir ini banyak terjadi, bahkan merenggut nyawa, khususnya di musim penghujan seperti saat ini," kata Eka Sri Lestari.

Selain dimanfaatkan untuk minuman dan tambahan makanan, tumbuhan serai wangi ini ternyata juga mampu mengusir nyamuk dengan aroma wanginya yang tidak disukai oleh nyamuk, begitu juga dengan tumbuhan rosemary dan lavender.

Sementara tumbuhan zodia yang berasal dari papua ini, mampu mengusir nyamuk dengan zat evodiamine dan rutaecarpine yang terkandung di dalamnya. Selain ketiga tumbuhan tersebut, tumbuhan selasih, geranium, dan kulit jeruk juga dapat dimanfaatkan sebagai anti nyamuk yang alami.

Dengan menggalakkan penanaman tumbuhan anti nyamuk ini, diharapkan warga dapat terhindar dari penyakit demam berdarah dengan memanfaatkan tanaman herbal yang ada disekitar. (yos)





Berita Terkait


Pertolongan Pertama Saat Terserang Demam Berdarah

Lihat Nich, Aksi Ibu-Ibu Konvoi Cegah Demam Berdarah

Status KLB Demam Berdarah Ponorogo Dicabut

Status KLB Demam Berdarah di Ponorogo Diperpanjang


Pelajar Dilibatkan Pencegahan DBD

Penderita DBD Meningkat, Dinkes Magetan Belum Tetapkan KLB

Cegah DBD, Emak-Emak Bikin Ramuan Perangkap Nyamuk

Serangan DBD Tak Pandang Usia Korban

Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber