Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Icip - Icip 

Akhir Pekan, Ikan Asap Hadi Buruan Para Pengguna Jalan di Jalur Pantura Tuban
Minggu, 13-01-2019 | 00:20 wib
Oleh : Khusni Mubarok
Berita Video : Akhir Pekan, Ikan Asap Hadi Buruan Para Pengguna Jalan di Jalur Pantura Tuban
Tuban pojokpitu.com, Ikan asap khas Tuban, jadi buruan para pelancong yang melintas di Jalur Pantura Tuban, Jawa Timur, tiap akhir pekan. Rasanya yang khas, dan ikannya yang masih segar menjadikannya ikan asap banyak digemari oleh pemburu oleh-oleh.

Tepatnya di Kelurahan Karangsari, Kecamatan Kota, Tuban, Jawa Timur, tiap akhir pekan selalu ramai. Puluhan pedagang ikan asap tampak berjajar menawarkan dagangannya, kepada pengguna jalan yang sedang melintas di jalur pantura Jakarta-Surabaya ini.

Rasanya yang khas dan ikannya yang masih segar, membuat ikan asap khas Kota Tuban ini, selalu menjadi buruan para pelancong yang melintas untuk oleh-oleh.

Ikan asap sebenarnya ikan siap konsumsi, sedangkan pengasapan pada ikan hanya bagian dari pengawetan alami dan memiliki cita rasa yang berbeda dengan ikan lainnya, ikan asap dapat di masak menjadi beragam olahan ikan laut, seperti sambal trasi penyet ataupun di sayur.

Para pedagang menyediakan berbagai jenis ikan asap, mulai dari ikan tuna, salem, tongkol hingga kakap. Harganyapun bervariasi, mulai dari Rp 10 ribu hingga Rp 155 ribu rupiah per ikan, tergantung ukuran dan jenis ikan.

Sejumlah pembeli mengaku, salah satunya Sigit, sering dan menyempatkan membeli ikan asap khas tuban, jika kebetulan sedang melintas.

Rasanya yang khas dengan pengasapan tradisional, dan ikannya yang masih segar, membuatnya berbeda ikan asap di daerah lain. "Selain untuk konsumsi pribadi, biasanya mereka membeli juga untuk buah tangan atau oleh oleh," kata Sigit.

Sementara itu, dalam liburan akhir pekan kali ini juga menjadi berkah tersendiri bagi para pedagang ikan asap di Tuban, salah satunya ibu Murtini, yang setiap hari menjajakan ikan asapnya seperti pedagang lainnya.

Namun pada waktu hari libur dan libur hari besar omset meningkat, karena banyak warga yang berlibur melintas jalur pantura.
 
Pembeli  mayoritas berasal dari luar Kota Tuban, seperti Surabaya, Sidoarjo, Blitar, Bojonegoro, Jombang, Kediri hingga Malang dan Jogjakarta. (yos)

Berita Terkait


Akhir Pekan, Ikan Asap Hadi Buruan Para Pengguna Jalan di Jalur Pantura Tuban

Kuliner Ikan Asap Pesisir Pantai Blitar Digemari Wisatawan

Ikan Asap Khas Tuban, Menjadi Buruan di Jalur Pantura

Berkah Lebaran, Omzet Penjual Ikan Asap Naik Dua Kali Lipat


Selama Liburan, Omzet Ikan Asap Jalur Pantura Naik

Berjualan Ikan Asap Hanya Sabtu dan Minggu, Pedagang Berharap Ada Akses Pasar

Lebaran, Omzet Penjual Ikan Asap di Jalur Pantura Naik Dua Kali Lipat

Oleh - Oleh Andalan , Kuliner Ikan Asap Digemari Wisatawan

Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber