Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Peristiwa 

Dampak Cuaca Buruk, Harga Ikan Meroket
Jum'at, 11-01-2019 | 14:00 wib
Oleh : Khusni Mubarok
Tuban pojokpitu.com, Cuaca buruk yang melanda pesisir pantai utara, menyebabkan pasokan ikan laut di sejumlah pasar ikan tradisional di Kabupaten Tuban Jawa Timur mengalami kelangkaan. Akibatnya harga ikan laut di pasaran naik dratis.

Salah satunya terjadi di Pasar Ikan Tradisional Desa Kradenan, Kecamatan Palang, Tuban. Pasar ikan yang biasanya ramai, kini tampak sepi.

Stok ikan sangat minim dan bahkan hanya terdapat beberapa jenis ikan tertentu yang diperdagangkan, itupun dalam jumlah terbatas. Akibat stok minim, harga ikan mengalami kenaikan antara 25 persen hingga 100 persen dari harga sebelumnya, tergantung jenis ikannya.

Kenaikan tertinggi terjadi pada ikan jenis kerapu yang naik 100 persen, dari semula di jual dengan harga 20 ribu rupiah perkilogramnya, naik menjadi Rp 40 ribu perkilogram.

Sementara cumi-cumi naik dari harga Rp 40 ribu perkilogram naik menjadi Rp50 ribu, sedangkan ikan kakap naik dari Rp25 ribu perkilogramnya menjadi Rp 40 ribu perkilogram.

Ikan trumpah dari semula Rp 25 ribu perkilogramnya juga naik menjadi Rp 40 ribu perkilogramnya. Sementara ikan bawal, tuna, manyung, tongkol dan putihan, naik antara Rp 5 hingga Rp 10 ribu dari harga jual sebelumnya.

Menurut pedagang, Muayadah, minimnya stok ikan ini akibat cuaca buruk berupa ombak besar dan angin kencang yang melanda perairan utara jawa dalam beberapa pekan terakhir.

Harga ikan yang mahal membuat pembeli sepi, para pedagang berharap cuaca segera membaik sehingga stok ikan kembali seperti semula dan harga kembali normal. (yos)

Berita Terkait


Hujan Angin Kencang, Pohon Besar di RS Roboh Timpa 3 Mobil

Dampak Cuaca Buruk, Harga Ikan Meroket

Akibat Cuaca Ekstrem Pohon Tumbang Diberbagai Titik

Cuaca Estrim, 9 Kecamatan Di Ponorogo Terdampak Angin Kencang


Cuaca Ekstrim, Delapan Rumah Rusak Akibat Tertimpa Pohon

Cuaca Ekstrim, Harga Bumbu Dapur Meroket

Cuaca Ekstrim dan Pemukiman Padat, Potensi Banjir Rob Makin Tinggi

Cuaca Ekstrim, Petani Kediri Pilih Tanam Kacang Tanah
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber