Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Kesehatan 

Saat ini stok darah di PMI dinilai masih mencukupi dan aman. Bahkan PMI mampu menyediakan stok trombosit darah baru setiap hari. Foto Bondan
Begini Cara PMI Tulungagung Antisipasi Peningkatan Darah
Kamis, 10-01-2019 | 20:11 wib
Oleh : Agus Bondan
Tulungagung pojokpitu.com, Mengantisipasi melonjaknya permintaan darah, seiring mulai merebaknya penyakit demam berdarah, Unit Transfusi Darah, Palang Merah Indonesia, PMI Tulungagung, mulai menyiapkan persediaan darah trombosit.

Di awal tahun 2019 ini, terdapat 25 kasus demam berdarah, yang sudah teridentifikasi oleh Dinas Kesehatan setempat. Jumlah tersebut masih bisa meningkat lagi, mengingat populasi nyamuk aides aygepti, sebagai pembawa virus penyebab penyakit demam berdarah, banyak berkembang di musim penghujan.

Menurut Priyono Kabag Manajemen Mutu PMI Tulungagung, permintaan darah belum menunjukkan peningkatan. Rata-rata setiap hari PMI melayani 40 kantong darah dari semua golongan. "Jumlah stok darah untuk semua golongan juga masih mencukupi," kata Priyono.

Untuk darah golongan A terdapat 131 kantong, golongan B 227 kantong, golongan O 386 kantong dan golongan AB 59 kantong. Sedangkan jumlah stok trombosit darah golongan A dan B 9 kantong, golongan O 12 kantong serta golongan AB 5 kantong. Jumlah ini dirasa mencukupi permintaan darah pasien demam berdarah.

"Banyaknya jumlah stok darah, membuat kami bisa melakukan produksi trombosit setiap hari," tambah Priyono.

Untuk stok trombosit darah, pihak PMI selalu memproduksi setiap hari. Hal ini dikarenakan penyimpanan trombosit darah hanya dapat bertahan lima hari saja, sehingga tidak bisa disimpan terlalu lama.

Selain melayani permintaan darah dari warga lokal, tidak jarang PMI Tulungagung mendapat permintaan dari beberapa kota sekitar, seperti Trenggalek, Kediri dan Blitar.  (pul)

Berita Terkait


Puluhan Gabungan Mahasiswa Islam Gelar Aksi ke Gedung DPRD Sidoarjo

Mahasiswa Demo, Pertanyakan Alasan Paripurna DPRD di Hotel Bintang Lima

Mahasiswa Sidoarjo Bentrok Dengan Satpol PP, Banyak yang Terluka

Stok Darah Dalam Bulan Ramadhan Aman


Bermasalah, Belasan Kantong Darah Dicekal PMI Ponorogo

Ramadhan, Stok Darah PMI Ponorogo Menipis

Bulan Puasa, Stok Darah di PMI Menipis

Memasuki Bulan Puasa, PMI Minim Pendonor

Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber