Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Peristiwa 

Miris, Anak di Bawah Umur Menjadi Pelaku Begal
Rabu, 09-01-2019 | 11:45 wib
Oleh : Iqbal Mustika Dan Handoko Khusumo
Banyuwangi pojokpitu.com, Karena iming-iming akan diberi HP, seorang anak masih di bawah umur asal kecamatan Muncar, Banyuwangi nekat menjadi begal. Setelah beberapa kali beraksi, akhirnya ia ditangkap polisi bersama pelaku yang mengajaknya.

Kedua pelaku itu AL (17), warga Dusun Palurejo, Desatembokrejo, Kecamatan Muncar dan Tosari alias TO (25), Warga Dusun Palurejo, Desa Tembokrejo, Kecamatan Muncar, Banyuwangi.

Menurut Kasat Reskrim Polres Banyuwangi, AKP Panji Prathista Wijaya, aksi kejahatan pelaku pada pertengahan Desember lalu. Korbannya Rizky Dwi Purnomo, warga Dusun Krajan, Desa Tembokrejo, Kecamatan Muncar.

Sekitar pukul 23.00 Wib, korban bersama temannya Mohamad Hadist Galang Gemilang, warga Dusun Muncar, Desa Kedungrejo, Kecamatan Muncar baru saja pulang membeli gorengan.

Setiba di lokasi kejadian jalan Sunan Ampel, Dusun Krajan, Desa Tembokrejo, Kecamatan Muncar, mereka mendengar suara klakson dari belakang. Korban menyangka yang membunyikan klakson adalah temannya, dan menghentikan motornya.

Tak selang lama, tiba-tiba datang sepeda motor dari arah belakang dan langsung menghadang sepeda motor korban. Tersangka Tosari langsung mengalungkan celurit pada leher korban, sementara tersangak AL menodongkan pisau kepada teman korban.

Akibatnya, leher korban menderita luka serta mengeluarkan darah. Lengan tangan kiri korban juga terkena celurit saat mempertahankan HP miliknya.

Selain itu, korban juga menyerahkan uang beserta barang berharga miliknya.

Atas kejadian itu, korban melapor ke Polsek Muncar. Berdasarkan laporan tersebut tim Resmob Polres Banyuwangi melakukan penyelidikan. Setelah beberapa pekan melakukan penyelidikan, polisi akhirnya menemukan petunjuk yang mengarah pada tersangka AL.

Pemuda yang hanya lulus SMP ini berhasil ditangkap. Dia mengakui melakukan aksinya bersama tersangka tosari. Tak mau menunda lagi, tersangka Tosari dibekuk. Pria ini terpaksa ditembak pada kakinya karena mencoba kabur dan melawan saat akan ditangkap.

Tosari mengaku sudah 3 kali melakukan aksi begal. Seluruhnya dilakukan di wilayah Banyuwangi Selatan, dan hasilnya untuk bersenang senang dan membeli minuman keras.

Sementara itu AKP Panji Prathista Wijaya, Kasat Reskrim Polres Banyuwangi mengatakan, dari penangkapan tersangka ini, polisi menyita 7 HP, uang tunai Rp 260 ribu, dan sepeda motor yang digunakan melakukan aksi.

Akibat dari perbuatannya, tersangka dijerat dengan pasal 365 KUHP tentang pencurian dengan kekerasan dengan ancaman hukuman pidana penjara maksimal 9 tahun. (pul)

Berita Terkait


Satu Anggota Jaringan Jambret di Terminal Purabaya Ditangkap

Jambret Bersama Penadah Diringkus Satreskrim Polsek Bululawang

Sembilan Bulan Kabur Ke Bogor, DPO Jambret Akhirnya Ditangkap Polisi

Terjatuh Dari Motor, Pelaku Dijambret Dimassa Warga


Buser Satreskrim Tembak Kaki Pelaku Jambret

Demi SIM Untuk Daftar Ojol, Kuli Angkut Nekat Jambret Ponsel

Jambret HP Guru SD, Seorang Pemuda Ditangkap Warga

Duo Jambret Spesialis Perumahan Mewah Lintas Wilayah Dibekuk Polisi

Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber