Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Ekonomi Dan Bisnis 

Kesejahteraan Petani Selama 2018 Lebih Baik Daripada 2017
Senin, 07-01-2019 | 07:30 wib
Oleh : Selvy Wang
Surabaya pojokpitu.com, Kesejahteraan petani selama 2018 masih lebih baik dibanding 2017 lalu. ini terlihat dari nilai tukar petani yang naik pada desember 2018 lalu sebesar 108,61 persen. yang artinya indeks harga yang diterima petani lebih tinggi dari yang dibayar petani.

Salah satu indikator tingkat kesejahteraan petani adalah dilihat dari Nilai Tukar Petani (NTP), di bulan Desember 2018 lalu NTP naik 0,26 persen dari 108,33 menjadi 108,61 persen. Ini karena indeks harga yang diterima petani naik lebih tinggi dibanding indeks harga yang dibayar petani.

Dari kenaikan nilai tukar petani, 2 sub sektor yang naik adalah tanaman pangan dan hortikultura. Sedangkan sub sektor perikanan, perkebunan rakyat dan peternakan alami penurunan.

Menurut Teguh Pramono, Kepala BPS Jawa Timur, indeks harga yang diterima petani pada desember naik 1,18 persen dibanding november 2018.

"Ada 10 komoditas yang menyebabkan kenaikan indeks harga yang diterima petani, yaitu gabah, jeruk, jagung, sapi potong, bawang merah, mangga, ikan kuniran, dan ikan nila," ujar Teguh Pramono.

Sementara itu, indeks harga yang dibayar petani juga alami kenaikan pada bulan Desember sebesar 0,92 persen, yang disebabkan naiknya indeks harga konsumsi rumah tangga , harga biaya produksi dan pembentukan barang modal.

Beberapa komoditas yang mendorong naiknya harga yang dibayar petani adalah tomat sayur, bawang merah, telur ayam ras, daging ayam ras , jagung dan beras.

Secara umum, rata-rata nilai tukar produk pertanian terhadap konsumsi rumah tangga petani dan biaya produksi petani, pada 2018 masih lebih tinggi dibanding 2017 lalu. (yos)

Berita Terkait


Kesejahteraan Petani Selama 2018 Lebih Baik Daripada 2017

Jokowi : Agar Kesejahteraan Petani Meningkat , Perlu Perubahan Paradigma


Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber