Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Infotainment 

Giat Artis Nyaleg dan Begini Program Untuk Petani
Minggu, 06-01-2019 | 19:23 wib
Oleh :
Surabaya pojokpitu.com, Artis sekaligus politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Ronnie Sianturi, punya cara berbeda untuk dapat diterima masyarakat di wilayah daerah pemilihannya (dapil) 6.

Seperti diketahui, pada Pemilihan Anggota Legislatif (Pileg) 2019, penyanyi yang tergabung dalam Trio Libels ini menjadi Calon Anggota Legislatif (Caleg) yang DPR RI dari Dapil 6, yang meliput wilayah Tulungagung, Blitar, dan Kediri.

Namun Ronnie mengaku dalam tiga bulan terakhi ini, pendekatan yang dilakukannya adalah memperkenalkan diri sebagai teman, bukan sebagai Caleg, artis, ataupun politisi Partai.

"Saya masuk ke masyarakat itu, pendekatan dari hati ke hati," katanya saat di Surabaya, Minggu (6/1/2018).

Artinya, kata Ronnie, dirinya tidak hanya datang sekali kali, tetapi beberapa kali untuk memastikan sambung rasa antara dirinya dan masyarakat yang menjadi konstituennya itu bisa tersambung.

"Aku datang memperkenalkan diri bukan sebagai Caleg DPR RI, tapi datang untuk bisa diterima sebagai saudara yang baru, di tempat yang baru," ungkapnya.

Meski demikian, Ronnie juga tetap melakukan pemetaan wilayah serta apa saja yang menjadi keluhan dan masalah yang dihadapi masyarakat di Dapilnya. Salah satu yang ditemuinya adalah berkunjung ke wilayah tidak subur dan subur.

Ketika dirinya berkunjung ke wilayah yang tidak subur, harapan masyarakat yang disampaikan adalah bagaimana mendapatkan sebuah program untuk pengadaan air.

"Masyarakatnya ini bukan malas, bukan tidak mau kerja, tetapi mereka sudah bekerja, tapi sarana prasarana pengairan tidak memadahi," terangnya.

Ronnie bercerita bagaimana masyarakat disana ada yang sudah susah payah menanam jagung selama sebulan, tetapi tiba tiba mati tanaman jagungnya. Tetapi mereka tidak punya modal lagi untuk membeli itu (bibit), sehingga pinjam ke rentenir.

"Dan ternyata bunganya 15 persen. Akhirnya banyak masyarakat yang berhutang kepada rentenir, yang tiap bulan hanya bisa membayar bunganya," sebut Ronnie.

Bahkan, jika panen tidak berhasil, maka bunga juga tidak terbayar. Sehingga bertahun tahun mereka harus menanggung hutang yang berbunga tersebut.

"Itu yang aku lihat, yang menjadi PR buat saya," katanya.

Sedangkan ketika mengunjungi daerah subur, Ronnie menyebut bukan berarti tidak ada masalah. Masyarakat berharap, hasil panennya diserap oleh koperasi, bukan diambil oleh tengkulak. (yos)


Berita Terkait


Caleg DPR RI Partai Perindo Dianiaya Sesama Caleg Satu Partai

Caleg Alami Depresi, Dinas Kesehatan Sediakan Ruang Isolasi

Bagi Uang Caleg, Seorang Kurir Timses Kena OTT Warga

Kades Jadi Caleg DPR RI Dicoret Dari DCT


Caleg Alami Depresi, Dinas Kesehatan Sediakan Ruang Isolasi

Masa Tenang, Petugas Gabungan Tertibkan APK Caleg dan Pilpres

Bagi Uang Caleg, Seorang Kurir Timses Kena OTT Warga

Bawaslu Mulai Tertibkan APK Caleg dan Capes

Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber