Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Pilkada 

KPU Bojonegoro Lantik Puluhan Anggota PPK Tambahan
Kamis, 03-01-2019 | 13:32 wib
Oleh : Avrizal Ilmi
Bojonegoro pojokpitu.com, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bojonegoro melantik 56 anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) tambahan, pasca putusan Mahkamah Konstitusi (MK) untuk pelaksanaan pemilu 17 April 2019 mendatang.

Jumlah tersebut merupakan tambahan dari 3 anggota PPK ditiap kecamatan yang sudah ada sebelumnya. Sehingga, saat ini total anggota PPK menjadi 5 orang dimasing-masing kecamatan. Pelantikan anggota PPK tambahan ini berlangsung di Aula KPU Kabupaten Bojonegoro, Rabu kemarin.

Dengan diawali menyanyikan lagu Indonesia Raya, proses pelantikan dipimpin langsung Ketua KPU Bojonegoro, M. Abdim Munip beserta 4 komisioner lainnya. Selain itu, hadir pula Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Bojonegoro, serta sejumlah perwakilan dari Forkopimda Bojonegoro.

Secara simbolis sebanyak 56 anggota PPK tambahan ini, diambil sumpah jabatannya oleh Ketua KPU Kabupaten Bojonegoro, M. Abdim Munip.

Prosesi ini kemudian juga dilanjutkan dengan pembacaan, sekaligus penandatanganan pakta integritas dan komitmen bersama penyelenggara pemilu.

Ketua KPU Kabupaten Bojonegoro, M. Abdim Munip, menjelaskan, sebanyak 56 anggota PPK yang dilantik ini adalah anggota PPK tambahan pasca putusan MK nomor 31, PUU-XVI, 2018 yang menyatakan adanya koreksi undang-undang nomor 7 tahun 2017 tentang penyelenggaraan pemilu.

"Yakni penambahan 2 orang anggota PPK di masing-masing kecamatan, dari sebelumnya 3 orang menjadi 5 orang per kecamatan," jelas M. Abdhim Munip.

Adapun mekanisme tambahan 2 orang PPK ini, diambil berdasarkan hasil seleksi nama-nama yang masuk 10 besar seleksi PPK untuk Pilkada serentak 2018 lalu.

Dengan adanya tambahan ini, maka jumlah anggota PPK di Kabupaten Bojonegoro menjadi sebanyak 140 orang. Mereka akan bertugas di 28 kecamatan yang ada di kabupaten setempat, dan akan bekerja selama 6 bulan kedepan hingga Juni 2019 mendatang.

Diharapkan anggota PPK yang baru dilantik ini, dapat segera beradaptasi dan berkoordinasi dengan anggota lainnya. Sehingga lebih siap dan mampu memahami regulasi yang berkaitan dengan penyelenggaraan Pileg dan Pilpres yang akan digelar serentak 17 April mendatang. (yos)

Berita Terkait


Antisipasi Hujan, KPU Bojonegoro Bungkus Kotak Suara Dengan Plastik

KPU Gelar Festival Band, Ayo Mencoblos

KPU Bojonegoro Lantik 25 Petugas PPK dan PPS Baru

KPU Bojonegoro Lantik Puluhan Anggota PPK Tambahan


KPU Bojonegoro Gelar Rakor Penyusunan DPTB dan DPK Antisipasi Golput

KPU Bojonegoro Ditetapkan 400 Pemilih Tambahan

KPU Bojonegoro Ajak Pemilih Pemula Hindari Golput

KPU Bojonegoro Lantik 25 Petugas PPK dan PPS Baru

Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber