Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Ekonomi Dan Bisnis 

Inflasi Jatim Desember 2018 Naik, Hingga 0,62 Persen
Kamis, 03-01-2019 | 06:23 wib
Oleh : Selvy Wang
Surabaya pojokpitu.com, Harga telur dan daging ayam ras, serta tarif pesawat memicu inflasi Jatim naik di bulan Desember sebesar 0,60 persen. Sementara itu, Badan Pusat Statistik Jawa Timur mencatat laju inflasi Jatim selama tahun 2018 mencapai 2,86 persen, sesuai target pemerintah yang mematok inflasi 3 plus minus 1 persen.

Di penghujung tahun 2018, inflasi Jawa Timur pada bulan Desember meningkat signifikan, yakni mencapai 0,60 persen dibanding November 2018 yang hanya 0,27 persen. Dari 8 titik pengamatan badan Pusat Statistik, inflasi tertinggi terjadi di Kota Probolinggo 0,72 persen, diikuti Surabaya dan Malang 0,65 persen. 

Ada beberapa komoditas utama yang mendorong terjadinya inflasi di bulan Desember yaitu telur ayam ras dan daging ayam ras yang harganya naik, karena meningkatnya permintaan pasar saat menjelang akhir tahun. Selain itu, naiknya harga beras dan bawang merah pun ikut mendongkrak inflasi. 

Tarif angkutan udara yang naik ikut andil dalam inflasi. Ini karena bulan Desember selalu menjadi peak season di dunia penerbangan yang dipicu momen liburan natal dan tahun baru. Tak hanya tarif pesawat, tarif kereta api juga ikut mendorong inflasi. 

Sementara itu, Teguh Pramono, Kepala Badan Pusat Statistik, BPS Jawa Timur , menjelaskan bahwa laju inflasi Jawa Timur selama 2018 mencapai 2,86 persen, lebih rendah jika dibanding 2017 yang mencapai 4,04 persen. Hal ini berarti sesuai dengan target pemerintah yang mematok inflasi 3 plus minus 1 persen.

Tercatat selama tahun 2018 , bahan bakar minyak memberikan sumbangan utama terjadinya inflasi. Ini karena adanya kenaikan harga BBM non subsidi sebanyak 6 kali selama 2018, yakni pada bulan Januari, Februari, Maret, Juli, dan Oktober . Selain BBM, komoditi yang memberikan andil yaitu, daging ayam ras, kontrak rumah, rokok kretek filter, biaya kuliah, biaya sekolah, emas perhiasan dan beras . (end)


Berita Terkait


Inflasi Jatim Desember 2018 Naik, Hingga 0,62 Persen


Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber