Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Peristiwa 

Dugaan Pungli Isbat Nikah, Kades Ancam Pecat Perangkat Desanya
Selasa, 01-01-2019 | 21:15 wib
Oleh : Felli Kosasi
Jember pojokpitu.com, Beberapa warga di Dusun Gondang Desa Darunga Kecamatan Tanggul Jember, mengeluh adanya pungli yang dilakukan oleh oknum perangkat desa darungan. Pungli ini terkait isbat nikah massal yang merupakan program bupati jember, oknum perangkat desa ini menggunakan seorang modin untuk meminta sejumlah uang kepada pasangan isbat nikah gratis.

Pungli ini bervariasi antara Rp 50 ribu per pasangan hingga Rp 150 ribu per pasangan, modin ini awalnya menolak untuk meminta sejumlah uang kepada pasangan isbat nikah gratis. Karena takut terhadap oknum perangkat isbat nikah para warganya tidak diproses. Modin ini meminta uang ke beberapa pasangan isbat nikah gratis.

Halil, modin dusun gondang menuturkan bahwa dirinya memberikan uang hasil pungli tersebut kepada kaur kesra sejumlah 7 orang pasangan dari 13 pasangan isbat nikah. "Dari ketujuh orang tersebut didapatkan uang sejumlah Rp 750 ribu," ujar Halil. 

Sementara itu Kepala Desa Darungan, Kulsum Efendi saat didatangi sejumlah wartawan dirumahnya mengatakan, bahwa pihak desa mendapat laporan dari warganya dan menelusuri kasus ini, ternyata benar kaur kesra tersebut melakukan pungli pada isbat nikah gratis.

"Pihak desa akan menunggu hasil kepolisian apakah oknum tersebut bersalah atau tidak, jika ditemukan saya tidak segan segan memberhentikan dari jabatannya," tegas Kulsum Efendi.

Disaat program pemerintah Kabupaten Jember yang tegak lurus dan gratis demi masyarakat Jember, masih saja ada ulah oknum oknum yang sengaja mengambil keuntungan didalam program tersebut. (yos)

Berita Terkait


Dugaan Pungli Isbat Nikah, Kades Ancam Pecat Perangkat Desanya

Akah Nikah di Kantor KUA Ranuyoso Dipungut Rp 600 Ribu


Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber