Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Rehat 

Bahkan, banyak warga yang terjepit, saat berebut dan berdesak-desakkan, karena khawatir tidak kebagian. Festival ini, juga untuk mengenalkan Kabupaten Kediri sebagai penghasil tahu terbesar. Foto Rofi
Ribuan Warga Kediri Berebut Tumpeng Tahu Takwa Raksasa
Minggu, 30-12-2018 | 18:17 wib
Oleh : Unggul Dwi Cahyono, Muhammad Zainurofi
Berita Video : Ribuan Warga Kediri Berebut Tumpeng Tahu Takwa Raksasa
Kediri pojokpitu.com, Ribuan warga berdesak-desakkan untuk memperebutkan tahu kuning, dalam festival tahu yang digelar di kawasan Simpang Lima Gumul Kediri.

Tumpeng tahu atau lebih dikenal dengan sebutan Tahu Takwa Khas Kediri ini, tinggi 8,5 meter, dengan diameter 9,9 mater. Tumpeng raksasa yang terdiri dari 25 ribu potong tahu ini, atau setara 3,3 kwintal tahu. Menghabiskan sedikitnya 2 ton kedelai, yang dikerjakan oleh perajin tahu di 8 kecamatan di Kabupaten Kediri.

Setelah penyerahan simbolis tumpeng tahu dari para perajin kepada Kepala Dinas UMKM, ribuan potong tahu diperebutkan warga. Antusias warga yang tinggi membuat panitai kewalahan. Karena warga saling dorong untuk mendapatkan tahu yang dibagikan oleh panitia.

Tampak warga mulai dari anak-anak hingga dewasa ikut dalam merebutkan tahu, meski harus berdesakan. Bahkan banyak warga yang terjepit, saat berebut tumpeng tahu.

Dalam festival tahu ini, juga banyak warga yang kecewa tidak mendapatkan tahu, padahal sudah dua jam menunggu momen rebutan tersebut.

Ketua Panitia Festival Tahu, Gatot Siswanto mengatakan, acara ini setiap tahun digelar, untuk menjukkan bahwa Kabupaten Kediri merupakan sentra penghasil tahu takwa.

"Festival ini akan terus dielar setiap tahunnya, dan menjadi agenda tahunan, dengan harapan dapat meningkatkan penjualan produksi tahu, serta meningkatkan taraf ekonomi perajin di Kabupaten Kediri," jelas Gatot. (pul)

Berita Terkait


Ribuan Warga Kediri Berebut Tumpeng Tahu Takwa Raksasa


Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber