Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Icip - Icip 

Menikmati Lezatnya Sate Menthok Khas Tuban
Sabtu, 29-12-2018 | 10:00 wib
Oleh : Khusni Mubarok
Tuban pojokpitu.com, Sate daging ayam, mungkin sudah biasa. Apalagi sate kambing, pasti banyak dijumpai sepanjang jalan.

Nah.. di kabupaten tuban, ada kuliner sate berbahan daging menthok. Unggas berbulu putih mirip bebek itu memiliki daging empuk dan gurih, sehingga diburu pecinta kuliner. Menu tersebut dapat anda temui di Warung Sor Sawo di Kelurahan Karang, Kecamatan Semanding, Tuban.

Warung semi permanen ini sekilas tidak nampak istimewa. Namun perhatikan halamannya tidak pernah kosong kendaraan pengunjung yang parkir, baik berupa roda dua maupun mobil.

Pengunjung hilir mudik sepanjang hari. Sehingga bangunan tua berbahan kayu dan bambu ini tidak pernah berhenti mengeluarkan asap putih hasil pembakaran sate. Jangan salah, bukan sate daging ayam atau kambing loh. Warung Sor Sawo ini hanya menyediakan menu sate dan becek menthok.

Daging unggas berbulu putih mirip bebek ini memiliki tekstur empuk dan bercitarasa gurih. Penyajiannya cukup sederhana, diberi irisan bawang merah dan tomat, serta bumbu kecap. Meski demikian, menyantap sate menthok dijamin ketagihan. Apalagi dimakan dengan nasi hangat, maknyus sekali.

Pelanggan datang dari berbagai kota, seperti Surabaya, Bojonegoro, hingga Jakarta. Mereka sengaja datang jauh-jauh untuk menikmati lezatnya sate menthok dipadu dengan becek menthok. Nikmat akan lebih lengkap jika ditutup dengan meminu es legen.

"Makan sate dan becek menthok. Rasanya maknyus enak. Sering kesini. Suasananya enak, suasana pedesaan. Harganya ekonomis," kata Saipul penikmat kuliner menthok.

Menurut Supri, pemilik warung sate menthok, usaha kuliner berbahan khusus menthok ini dimulai sejak tahun 1994. Dalam sehari, sedikitnya sepuluh ekor menthok disembelih. Namun jumlah tersebut meningkat dua kali lipat pada libur panjang seperti sekarang ini.

"Dulu jual empal gak laku, lalu mencoba buat sate menthok. Sehari 10 ekor, kalau hari raya bisa 20 ekor. Pelanggan dari luar kota, Bojoengoro, Lamongan, Surabaya," jelas Supri

Bagaimana, tertarik mencoba sate menthok khas Tuban ?. Untuk menyantap satu porsi sate menthok, anda cukup membayar Rp 30 ribu sudah termasuk nasi hangat. Sementara becek menthok dihargai Rp 15 ribu per mangkuk. (pul)


Berita Terkait


Menikmati Lezatnya Sate Menthok Khas Tuban

Gratiskan Makan Sate Ayu Bagi Kelahiran Tanggal 17 Agustus

Terkendala Biaya, Peluncuran Satelit LAPAN Masih Gunakan Negara Lain

Lezatnya Resep Unik Nasi Rawon Sate Komoh


Menikmati Lezatnya Sate Menthok Khas Tuban

Kombinasi Soto Sate Daging Sapi, Digandrungi Pecinta Kuliner

Ada Pengerjaan Underpass, Begini Jalur Kawasan Bundaran Satelit

Sejumlah Pedagang Peralatan Bakar Sate Raih Untung du Momen Idhul Adha

Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber