Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Metropolis 

Kelompok Ibu PKK Benowo Indah Surabaya Sukses Budidayakan Jamur Tiram Putih
Kamis, 27-12-2018 | 19:08 wib
Oleh : Nanda Andrianta
Surabaya pojokpitu.com, Para ibu anggota PKK di RT 5, RW 11, Pondok Benowo Indah, Kecamatan Pakal Surabaya setiap hari memiliki kesibukan istimewa, yaitu mengelola budidaya tanaman jamur yang mampu dipanen hingga 5 kilogram tiap harinya.

Lahan pembudidayaan jamur yang dikelola oleh Kelompok Tani Lumbung Jaya di kawasan Pakal Surabaya. Namun tak sama seperti kelompok tani lainnya. Anggota kelompok tani ini rupanya beranggotakan para ibu PKK di RT 5, RW 11, Pondok Benowo Indah, Kecamatan Pakal Surabaya.

Seperti yang dilakukan ibu yang satu ini, Khusnul Khotimah namanya. Khusnul Khotimah sebagai Ketua Ibu PKK di wilayah tersebut mewakili ibu PKK lainnya terlihat memanen jamur tiram putih yang ditanam di medan penanaman jamur bernama bag-log. Menurut Khusnul, kini ada sekitar dua ribu bag-log yang sudah ditanami jamur.

Khusnul Khotimah menjelaskan, bag-log jamur itu sengaja ditanam dan kemudian disimpan di ruangan yang lembab. Menurutnya, lingkungan yang lembab adalah habitat baik untuk membudidayakan jamur.

Bahkan tiap harinya, kelompok tani yang beranggotakan ibu-ibu PKK ini mampu memanen jamur hingga 5 kilogram setiap harinya. Bahkan keuntungan dari hasil penjualannya pun seluruhnya digunakan untuk kepentingan kampungnya, yaitu diserahkan ke kas PKK sebesar 25 persen, dan 75 persen lagi untuk kas kampungnya.

Jamur-jamur itu rupanya tak hanya dijual saja, namun bisa diolah menjadi sajian-sajian yang menggugah selera, seperti jajanan khas Malang bernama sempol ini.(end)


Berita Terkait


Kelompok Ibu PKK Benowo Indah Surabaya Sukses Budidayakan Jamur Tiram Putih


Budidaya Jamur Tiram dengan Memanfaatkan Limbah Kayu

Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber