Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Metropolis 

Syaifudin Zuhri, Ketua Komisi D DRPD Surabaya
Dewan Minta Jembatan Wonokromo Jadi Icon Surabaya, Bukan Jiplak Jembatan Suramadu
Rabu, 26-12-2018 | 16:39 wib
Oleh : Dewi Imroatin
Surabaya pojokpitu.com, Pemkot Surabaya akan membangun jembatan di Wonokromo, tepatnya dari Pulo Wonokromo ke Jalan Gunung Sari, namun desain jembatan mendapat kritikan tajam dari Komisi DPRD Kota Surabaya. Ini dikarenakan desainnya menjiplak jembatan Suramadu. Dewan meminta Pemkot merubah desain dan menjadikan jembatan tersebut icon baru Surabaya.

Dinas PU Binamarga dan Pemutusan Surabaya telah menuntaskan desain pembangunan Jembatan Wonokromo, namun desain tersebut terlalu sederhana dan mirip dengan Jembatan Suramadu yang menghubungkan Kota Pahlawan dengan pulau garam.

Anggota Komisi C DPRD Kota Surabaya, Agung Prasoedjo mengatakan, desain jembatan yang dibuat Pemkot Surabaya terlalu sederhana dan terlihat menduplikasi Jembatan Suramadu. Untuk itu, Pemkot harus mendesain ulang dan menjadikan jembatan tersebut icon baru di Kota Pahlawan ini.

Politisi Partai Golkar ini menyebut, desain jembatan diarahkan dewan lebih ikonik dan mencerminkan identitas Kota Pahlawan, agar nantinya bisa menjadi kebanggaan warga kota dan menjadi daya tarik masyarakat yang melintas. Dengan begitu jembatan tersebut bisa menjadi jembatan yang tidak hanya memiliki fungsi transportasi saja, tapi juga estetika.

Sementara itu, Syaifudin Zuhri, Ketua Komisi D DRPD Surabaya mengatakan, anggaran untuk pembangunan jembatan tersebut mencapai Rp 65 miliar dengan sistem multiyears mulai 2019 sampai 2020, dan angka itu tidak kecil, harusnya Pemkot bisa membuat desain yang lebih mencerminkan identitas kota pahlawan.

Politisi dari PDIP ini menambahkan, ada banyak arsitek maupun ahli teknik sipil di Surabaya, Pemkot bisa melibatkan mereka untuk membuat desain jembatan agar mampu menjadi ikon Surabaya. Dengan begitu, Pemkot tidak hanya sekedar membangun jembatan yang diharapkan bisa mengatasi kemacetan di daerah tersebut, tapi juga memiliki nilai kebanggaan yang mungkin menjadi jati diri Surabaya.(end)

Berita Terkait


Dewan Minta Jembatan Wonokromo Jadi Icon Surabaya, Bukan Jiplak Jembatan Suramadu


Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber