Berita Terbaru :
Pasangan OK Segera Deklarasi Parpol Pengusung
Unik, UWK Malang Gelar Wisuda Secara Drive Thrue
Meski Harga Gabah Naik, Petani Tak Jual Semua Hasil Panennya
Mendagri Bilang Ada Kepala Daerah Yang Tidak Serius Tangani Covid-19
   

Inilah Manfaat Lidah Buaya untuk Kesehatan
Life Style  Rabu, 26-12-2018 | 13:45 wib
Reporter :
Lidah Buaya. Foto HerbalCare
pojokpitu.com, Lidah buaya, yang dikenal juga dengan aloe vera, adalah sejenis tumbuhan sukulen. Umumnya tanaman ini tumbuh di area yang udaranya kering dan tropis, seperti di Indonesia. Khasiat lidah buaya sudah terbukti sejak ribuan tahun lalu, sehingga dipercaya sebagai bahan dalam industri kosmetik, farmasi, dan makanan.

Lalu apa saja manfaat lidah buaya bagi kesehatan?

1. Mengobati luka bakar

Lidah buaya banyak digunakan untuk mengobati luka bakar secara topikal, dengan cara dioleskan ke kulit. Bahkan, sejak tahun 1959 badan FDA Amerika Serikat menyetujui penjualan salep lidah buaya secara bebas untuk pengobatan luka bakar.

Berdasarkan penelitian, lidah buaya terbukti efektif mengobati luka bakar derajat satu dan dua. Penggunaan lidah buaya ditemukan dapat mempercepat waktu penyembuhan luka bakar hingga sembilan hari, jika dibandingkan dengan pengobatan konvensional.

2. Mengurangi plak gigi

Plak gigi merupakan salah satu masalah yang dapat mengganggu penampilan, serta menyebabkan lubang pada gigi apabila dibiarkan menumpuk. Untuk mengatasinya, maka penumpukan plak gigi perlu dicegah.

Sebuah studi membandingkan obat kumur standar yang mengandung chlorhexidinedengan berkumur menggunakan jus lidah buaya. Hasilnya, penggunaan keduanya  sama-sama efektif. Berkumur dengan lidah buaya dapat membunuh bakteri Streptococcus mutans yang menyebabkan plak gigi serta jamur Candida albicans.

3. Menangani sariawan

Sariawan sering kali muncul di bawah bibir serta bagian dalam mulut, dan biasanya berlangsung selama 7-10 hari. Studi membuktikan bahwa penggunaan lidah buaya efektif mengurangi ukuran sariawan. Selain itu, lidah buaya dapat menurunkan rasa nyeri akibat sariawan.

4. Menjaga kesehatan kulit

Salah satu manfaat lidah buaya yang sangat dikenal adalah untuk kesehatan kulit. Sebuah studi awal yang dilakukan pada wanita di atas 45 tahun, menemukan bahwa lidah buaya dapat mengurangi tanda-tanda penuaan pada kulit. Penggunaan gel lidah buaya selama 90 hari ditemukan meningkatkan produksi kolagen serta elastisitas kulit.

Selain itu, lidah buaya juga bisa digunakan sebagai terapi alamiah untuk mengatasi jerawat. Lidah buaya memiliki sifat antibakterial sehingga dapat mencegah bakteri menginfeksi pori-pori kulit. Lidah buaya juga membantu membuang kotoran dan kelebihan minyak dari kulit. Bagi Anda yang sudah berjerawat, pemakaian lidah buaya membantu regenerasi kulit sehingga mencegah munculnya bekas luka.

5. Mengatasi kerontokan rambut

Kerontokan rambut dapat menyebabkan kebotakan, atau bahasa medisnya alopecia.Studi tahun 2010 menemukan bahwa penggunaan lidah buaya pada rambut dapat membantu mengatasi masalah ini. Bahkan, tanda awal pertumbuhan rambut sudah dapat diamati dalam lima hari pemakaian lidah buaya.

6. Melawan konstipasi

Walaupun kebanyakan manfaat lidah buaya didapatkan dari gel atau cairan yang terkandung dalam tanaman ini, masih ada bagian lainnya yang berkhasiat. Lateks (residu berwarna kuning dan lengket yang bisa ditemukan di bawah area terluar daun lidah buaya) diketahui dapat membantu mengatasi konstipasi.

Hal ini disebabkan kandungan aloin atau barbaloin di dalamnya, yang memiliki efek pencahar. Namun, pemakaian lidah buaya jangka panjang untuk mengatasi sembelit masih dipertanyakan.

Belakangan ini, lidah buaya dengan berbagai keuntungan ini juga sering digunakan untuk menghias rumah. Selain indah dipandang, juga bisa Anda gunakan untuk obat alami jika sewaktu-waktu diperlukan.(RS/RVS/klikdokter)

Berita Terkait

Sekelompok Ibu Buat Hand Sanitizer Dari Daun Suruh dan Lidah Buaya

6 Kandungan di Produk Perawatan Kulit Wajah Paling Banyak Dicari

Lidah Buaya Bisa Atasi Jerawat?

Inilah Manfaat Lidah Buaya untuk Kesehatan
Berita Terpopuler
Meski Harga Gabah Naik, Petani Tak Jual Semua Hasil Panennya
Ekonomi Dan Bisnis  3 jam



Cuplikan Berita
Ratusan Ibu Hamil Swab Massal di Gelora Pancasila
Pojok Pitu

Begini Pengakuan Bupati Menanggapi Pemakzulan DPRD Jember
Pojok Pitu

Karyawan Toko Tipu Korban dan Gelapkan Ribuan Lpg
Jatim Awan

Sebanyak 65 Guru SMP di Surabaya Reaktif
Jatim Awan


Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber