Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Life Style 

Lestarikan Musik Keroncong Lewat Kampung Keroncong
Senin, 24-12-2018 | 08:20 wib
Oleh : Ainul Khilmiah
Surabaya pojokpitu.com, Untuk membangkitkan minat terhadap musik keroncong, khususnya di kalangan anak muda, di Surabaya, beberapa warga yang didominasi generasi muda membentuk grup keroncong di sebuah kampung.

Kampung Kedondong Kidul Surabaya ini, lebih dikenal sebagai kampung keroncong. Hal ini muncul sejak beberapa warga yang sebagian besar merupakan generasi muda, memilih mendedikasikan diri untuk melestarikan musik keroncong. Mereka membentuk grup musik keroncong, Mitra Surabaya yang terus eksis menggaungkan jenis musik yang mulai ditinggalkan, khususnya di kalangan remaja ini.

Grup yang  terdiri dari 12 orang yang beberapa di antaranya merupakan anak jalanan ini didirikan oleh Abdul Salam. Pria berusia 80 tahun, warga Kampung Keroncong ini merupakan musisi keroncong sejak tahun 1980an. Kakek 8 cucu tersebut ingin mempertahankan musik keroncong yang kini telah tergerus dengan aliran musik moderen, seperti pop dan metal, yang lebih digemari oleh kalangan muda. Demikian disampaikan Abdul Salam, pembina grup musik Keroncong Mitra Surabaya.

Karena itulah, ia mulai mengajak remaja karang taruna di Kampung Kedondong Kidul hingga terbentuk grup musik keroncong yang telah eksis sejak 3 tahun terakhir.

Alunan harmonisasi musik keroncong terdengar hampir setiap sore di Kampung Keroncong ini. Suara tersebut menjadi penanda para anggota grup keroncong yang dibinai oleh Abdul Salam ini memulai latihannya.

Hingga saat ini, grup musik keroncong di Kampung Keroncong Surabaya, masih terus mengkampanyekan pelestarian musik keroncong. Salah satunya, dengan menggelar pentas yang biasa dilakukan di akhir pekan di Kebun Bibit Bratang Surabaya.

Diharapkan dengan merangkul anak-anak muda untuk mencintai musik keroncong, bibit - bibit musisi keroncong muda terus bermunculan dan seni musik ini bisa tetap bertahan, bahkan kian eksis.(end)

Berita Terkait


Mountain Of The Keroncong Gairahkan Kembali Musik Keroncong

Lestarikan Musik Keroncong Lewat Kampung Keroncong

Kencong Berkeroncong, Parade Keroncong Tumbuhkan Minat Kaum Muda

Keroncong, Dulu Digilai Sekarang Hampir Punah


Keroncong, Dulu Digilai Sekarang Hampir Punah

Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber