Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Metropolis 

Sulit Dapatkan Sapi Jantan, RPH Surabaya Terancam Kekurangan Stok Daging Segar
Senin, 17-12-2018 | 17:13 wib
Oleh : Bagus Setiawan
Berita Video : Sulit Dapatkan Sapi Jantan, RPH Surabaya Terancam Kekurangan Stok Daging Segar
Surabaya pojokpitu.com, Jelang perayaan Natal dan tahun baru, Rumah Pemotongan Hewan (RPH) Surabaya, kekurangan stok hewan sapi potong. Kondisi ini bisa mengancam ketersediaan daging segar di masyarakat. Diduga kelangkaan sapi potong ini, karena marak beredar daging sapi import di pasaran dan banyak sapi lokal asal Madura maupun Tuban dijual keluar Jawa Timur.

Seluruh jagal atau pemilik hewan sapi potong, di PD Rumah Pemotongan Hewan ( RPH ) Surabaya, mengaku terus merugi, sejak lima bulan terakhir. Penyebabnya, sulitnya untuk mendapatkan hewan sapi jantan yang siap potong.

Husni, salah satu jagal di PD RPH Surabaya mengaku, sulitnya mendapatkan sapi jantan ini, karena sebagian besar peternak sapi yang ada di Madura maupun Tuban. "Banyak orang menjual sapinya keluar dari Jawa Timur, seperti ke Jawa Barat, hingga Kalimantan. Alasan peternak, harga jual di luar Jawa Timur lebih tinggi," ungkap Husni.

"Penyebab lain, Surat Edaran Gubernur tahun 2010, yang dianggap merugikan para jagal. Karena dalam surat edaran tersebut, tidak memperbolehkan sapi betina untuk dipotong. Selain itu, kurangnya pengawasan terkait pembatasan kuota penjualan sapi jantan keluar dari Jawa Timur," paparnya lagi.

Husni menambahkan, dulu RPH Surabaya bisa memotong hewan sapi bisa sampai 350 ekor per hari, kini tidak kurang dari 100 ekor.

Sementara, menurut Hairul, pemilik sapi potong, selain sulitnya mendapatkan sapi jantan, saat ini banyak beredar daging sapi import yang dijual di pasaran, yang seharusnya diperuntukkan untuk hotel, restoran, dan katering.

Jagal atau pemilik sapi potong berharap, jika kondisi ini terus dibiarkan, bisa mematikan roda perekonomian di PD RPH Surabaya. Terburuknya, akan mengancam suplai daging sapi lokal segar ke masyarakat.(end)

Berita Terkait


Bahaya, Stok Sapi Potong Minim Harga Terancam Naik

Sulit Dapatkan Sapi Jantan, RPH Surabaya Terancam Kekurangan Stok Daging Segar


Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber