Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Kesehatan 

Gubernur Jawa Timur Soekarwo
11 Daerah Jatim Catat Angka Tertinggi Stunting
Sabtu, 15-12-2018 | 06:09 wib
Oleh : Fakhrurrozi
Surabaya pojokpitu.com, Pemerintah Provinsi Jawa Timur melalui Dinas Kesehatan terus berupaya menekan angka stunting yang masih di kisaran 26,2 persen. Masih tingginya kasus stunting bisa disebabkan pola asuh anak yang salah.

Kampanye gerakan pencegahan stunting dipimpin  Gubernur Jawa Timur Soekarwo, dengan melakukan penandatanganan nota kesepahaman dengan 11 bupati atau walikota di Jawa Timur. Daerah tersebut antara lain Sumenep, Pamekasan, Sampang, Bangkalan, Probolinggo, Bondowoso, Jember , Malang, Trenggalek, Nganjuk dan Lamongan.

Sebelas Pemerintah Kabupaten atau Kota ini diajak memerangi stunting, lantaran angka stunting di wilayahnya termasuk tinggi. Ironisnya, 11 daerah tersebut merupakan perkotaan dan lebih banyak didominasi keluarga mampu.

Gubernur Jawa Timur, Soekarwo mengatakan jumlah anak orang kaya di perkotaan yang mengalami stunting mencapai 29 persen. "Tingginya angka ini dikarenakan kesalahan pola asuh anak, karena orangtua sibuk dan minim pengetahuan tentang asupan anak," kata Soekarwo.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Jatim, Dokter Kohar Hari Santoso menerangkan, stunting sebuah kondisi dimana tinggi badan seseorang jauh lebih pendek dibandingkan tinggi badan orang seusianya. Penyebab utamanya kekurangan gizi kronis sejak bayi di dalam kandungan. hingga masa awal anak lahir. (pul)

Berita Terkait


11 Daerah Jatim Catat Angka Tertinggi Stunting

Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber