Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Kesehatan 

Badan Pengawas Obat Dan Makanan (BPOM ) telah menemukan 53 kasus jajanan berbahaya dari 426 sampel jajanan yang di ambil dari seluruh daerah di Provinsi Jawa Timur selama tahun 2018. Jajanan berbahaya tersebut diantaranya mengandung bahan kimia berbahaya seperti rhodamin, formalin, dan boraks.Foto dok pojokpitu.com
BPOM Temukan 53 Jajanan Anak Sekolah Berbahaya
Sabtu, 15-12-2018 | 05:22 wib
Oleh : Ainul Khilmiah
Surabaya pojokpitu.com, Jajanan anak-anak, khususnya yang dijual bebas di luar sekolah masih mengkhawatirkan dan menjadi sorotan Badan Pengawas Obat Dan Makanan (BPOM). Sepanjang tahun 2018, di Provinsi Jawa Timur, BPOM telah menemukan 53 kasus jajanan berbahaya dari 426 sampel jajanan yang di ambil.

Ke-53 sampel jajanan tersebut positif mengandung bahan kimia berbahaya seperti rhodamin B, formalin, dan boraks.

Meski begitu, potensi kasus jajanan anak berbahaya di Jawa Timur masih terhitung kecil. Pada tahun 2017, kasus tersebut berada dibawah 10 persen, dari 1.192 sampling yang di ambil, hanya ditemukan 114 kasus jajanan yang ditemukan mengandung bahan. Dari beberapa kasus tersebut, tercatat paling banyak didominasi mengandung bahan boraks dan rhodamin B.

Menurut Dewi Prawitasari, Direktur Pemberdayaaan Masyarakat dan Pelaku Usaha BPOM RI, masih ada lingkungan yang belum sadar akan pangan aman,  perilaku hidup kurang sehat, serta penggunaan bahan berbahaya dalam pangan di sekolah. Hal ini salah satunya disebabkan oleh faktor ekonomi dan ketidaktahuan.

Sementara itu, sebagai salah satu upaya untuk meminimalisir kasus jajanan anak berbahaya, BPOM memberikan penghargaan bintang keamanan pangan Kantin sehat kepada 32 sekolah di Jawa Timur. Selain di kantin, BPOM juga akan berupaya untuk memperketat pengambilan sampling jajanan anak di luar sekolah, agar seluruh jajanan untuk anak-anak di sekitar lingkungan sekolah dipastikan aman. (pul)

Berita Terkait


BPOM Dorong Produksi Obat Herbal Fitofarmaka Ditambah

BPOM Kediri Jaring Laporan Masyarakat Dari Sistem Online

Lewat Gadget, Konsumen Bisa Awasi Obat dan Makanan Ilegal

BPOM Temukan 53 Jajanan Anak Sekolah Berbahaya


Kepala BPOM: Banyak Negara Impor Vaksin Produk Indonesia

Luwak White Coffee Aman Dikonsumsi? Nih Penjelasan BPOM RI

BBPOM Amankan Ribuan Obat dan Jamu Tanpa Ijin Edar Senilai Rp 3,1 Miliar

BPOM Temukan Kerupuk Mengandung Borax dan Rhodamin B

Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber