Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Politik 

Produk Jurnalistik Yang Baik itu Bukan Hoax dan Melanggar UU ITE
Jum'at, 14-12-2018 | 21:39 wib
Oleh : Bagus Setiawan
Surabaya pojokpitu.com, Menghasilkan produk jurnalistik yang baik, agar tidak disebut mengandung unsur hoax dan melanggar UU ITE, maka perlu dikaji manfaat dan dampaknya. Hal ini dibahas pada seminar Journalis Is Not Crime, Hoax Versus UU ITE, yang digelar Pokja Wankum.

Tema tersebut dibahas lima narasumber. Dari Kepolisian Diwakili Kabidhumas, Kombes Pol. Frans Barung Mangera, kejaksaan diwakili Didik Farkhan selaku Aspidsus Kejati Jatim, Abdul Malik Advokat, serta dari Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jatim diwakili Mahmud Suhermono dengan moderator yaitu Imam Syafii.

Mahmud Suhermono mengatakan, produk jurnalistik bisa dikatakan baik maupun tidak, bisa dilihat dan dicek dari wartawan ataupun redaksinya. Apakah mereka sudah memenui kompetensi sebagai wartawan atau tidak. Maka produk jurnalistik yang dihasilkan bisa diragukan. "Begitu juga dengan perusahaan medianya, harus memenuhi verifikasi dari dewan pers," kata Mahmud Suhermono.

Sementara itu Kombes Pol. Frans Barung Mangera Kabidhumas Polda Jatim mengatakan, pemberitaan bisa dikatakan hoax atau melanggar UU ITE, jika terdapat tiga unsur kesalahan. Yaitu jika bertujuan untuk menyerang, dan menyebarkan isu ke media sosial. "Untuk menyikapi hal tersebut, kami akan berkonsultasi permasalahan tersebut dengan dewan pers," kata Kombes Pol. Frans Barung Mangera.

Diakhir seminar, Imam Syafii selaku moderator menambahkan, produk jurnalis jika tidak ingin dikatakan hoax atau melanggar UU ITE, maka wartawan harus melaksanakan uji kompetensi. Agar tidak meninggalkan kode etik dan kaidah jurnalistik yang benar. (pul)





Berita Terkait


Isu TKA di Indonesia HOAX

Gubernur Jatim : Hoax Dikuatirkan Ancam Integrasi Bangsa

Komunitas Wartawan Sidoarjo Gelar Futsal Anti Hoax dan Pemilu Damai Bersama Forkopimda Sidoarjo

Romy: 140 Ribu Akun Disiapkan Untuk Serangan Hoax


Ratusan Santri Ponpes Genggong Deklarasi Anti Berita Hoax

Jurnalis Bojonegoro Gelar Cangkruk Bareng Untuk Perangi Berita Hoax

Peringati HPN, Unusa Gelar Sarasehan Anti Hoax

Romy: 140 Ribu Akun Disiapkan Untuk Serangan Hoax

Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber