Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Pilkada 

Tidak Laporkan Dana Kampanye, KPU Ancam Anulir Kemenangan Caleg Terpilih
Rabu, 12-12-2018 | 06:14 wib
Oleh : Abdul Majid
Pasuruan pojokpitu.com, Komisi Pemilihan Umum (KPU) secara tegas bakal menganulir kemenangan calon legislatif terpilih, dari partai politik yang tidak menyerahkan laporan dana kampanye pada pemilu tahun 2019, karena laporan dana kampanye merupakan syarat mutlak yang harus dipenuhi oleh partai politik peserta pemilu tahun 2019.

Laporan dana kampanye sendiri terbagi dalam beberapa tahapan, di antaranya Laporan Awal Dana Kampanye (LADK) Laporan Penerimaan Sumbangan Dana Kampanye (LPSDK) serta Laporan Penerimaan Dan Pengeluaran Dana Kampanye (LPPDK).

Pernyataan ini disampaikan oleh Komisioner KPU Provinsi Jawa Timur, Insan Qoriawan, saat pelaksanaan bimbingan teknis laporan dana kampanye pemilu tahun 2019, yang diselenggarakan oleh KPU Kabupaten Pasuruan, dan diikuti oleh seluruh perwakilan dari partai politik peserta pemilu di Kabupaten Pasuruan.

Insan menegaskan Partai politik peserta pemilu tahun 2019, wajib menyerahkan laporan dana kampanye kepada pihak KPU, mulai dari Laporan Awal Dana Kampanye (LADK), hingga Laporan Penerimaan dan Pengeluaran Dana Kampanye (LPPDK). "Jika ada salah satu partai politik tidak menyerahkan laporan dana kampanye hingga batas waktu yang ditentukan, maka pihak KPU secara tegas akan menganulir kemenangan dari caleg terpilih dari partai politik yang tidak menyerahkan laporan dana kampanye," ujarnya.

Lebih lanjut, Komisioner KPU Provinsi Jawa Timur ini mengatakan bahwa laporan dana kampanye ini terbagi dalam bebrapa tahapan. Tahapan pertama adalah LADK, yang sudah ditutup pada 23 September 2018, kemudian dilanjutkan dengan LPSDK, pada 2 Januari 2019, dan yang terakhir adalah LPPDK, yang harus dilaporkan oleh partai politik dalam jangka waktu 14 hari setelah penghitungan suara, yakni pada tanggal 26 April hingga 2 Mei 2019.(end)

Berita Terkait


Bawaslu Pasuruan Akan Rekrut 621 Pengawas Tempat Pemungutan Suara

Tidak Laporkan Dana Kampanye, KPU Ancam Anulir Kemenangan Caleg Terpilih

KPU Kabupaten Pasuruan Hari Ini Tetapkan Daftar Pemilih

Jumlah DPT HP 2 KPU Kota Pasuruan Meningkat Sebanyak 3.478 Pemilih


KPU Pasuruan Masih Verifikasi Berkas Bacaleg

PKB Datang di KPU Pasuruan Menjelang Penutupan

KPU Pasuruan Selesaikan Penghitungan Suara Pilgub Jatim

Baru 17 Persen Data Pilkada Masuk di KPU Pasuruan

Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber