Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Politik 

Unjuk Rasa Ratusan Kades Bersitegang
Jum'at, 07-12-2018 | 10:26 wib
Oleh : Benny Kurniawan
Kediri pojokpitu.com, Aksi unjuk rasa menuntut pengisian perangkat desa digelar ratusan kepala desa di Kantor Pemerintah Kabupaten Kediri. Massa kepala desa terlibat saling dorong dengan aparat gabungan dari kepolisian dan Satpol PP.

Ketegangan terjadi saat para kepala desa memaksa masuk ke Kantor Inspektorat Kabupaten Kediri untuk menemui Bupati Kediri Haryanti Sutrisno. Aksi saling dorong menjurus kekerasan fisik tak terhindarkan diantara mereka.

Ketegangan mereda ketika kepolisian akhirnya mengizinkan perwakilan kepala desa untuk bertemu dengan Pemerintah Kabupaten Kediri . Mereka kemudian mengadakan audiensi tertutup dengan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Dan Pembangunan Desa ,DPMPD, Kabupaten Kediri dan Kepala Bagian Hukum .

Yohansyah Iwan Wahyudi , Ketua Paguyuban Kepala Desa Kabupaten Kediri mengatakan, para kades menuntut surat rekomendasi pengisian perangkat desa. Pasalnya, dalam setiap desa hanya memiliki satu hingga dua perangkat desa yang definitiv. Sehingga dari 334 desa, jumlah jabatan perangkat desa yang kosong capai ratusan.

Sememnara itu Satirin Kepala DPMPD Kabupaten Kediri mengatakan, polemik pengisian perangkat desa ini dikarenakan terganjal peraturan daerah yang kini masih berada di Mahkamah Konstitusi. Setelah ada penghapusan beberapa pasal dalam judicial review. Pemerintah Kabupaten Kediri akan mengajak perwakilan kepala desa untuk mengambil surat rekomendasi tersebut ke Kementerian Dalam Negeri sebagai pedoman pengisian perangkat desa. (pul)

Berita Terkait


Tolak Pelantikan PJS Kades, Warga Sumberwuluh Duduki Balai Desa

Unjuk Rasa Ratusan Kades Bersitegang

Gelapkan Uang Dana Desa, Kades Gintungan Dilaporkan Warga

Bupati Tetap Melantik Kepala Desa Klantingsari Tarik


Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber