Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Hukum 

Tipu 71 Customer, Dua Bos Sipoa Group Dituntut 4 Tahun Penjara
Kamis, 06-12-2018 | 22:22 wib
Oleh : Fakhrurrozi
Surabaya pojokpitu.com, Setelah tertunda dua kali, sidang lanjutan perkara penipuan dan penggelapan dana 71 customer Apartemen Royal Avatar World akhirnya digelar di Pengadilan Negeri Surabaya, Kamis sore. Dua bos Sipoa group, Budi Santoso dan Klemens Sukarno Candra akhirnya dituntut empat tahun penjara oleh jaksa penuntut umum, di Pengadilan Negeri Surabaya. Keduanya terbukti menggelapkan dana 71 customer senilai lebih dari Rp 12 miliar.

Dalam tuntutannya, jaksa Rahmat Hari Basuki mengatakan, bila kedua terdakwa Budi Santoso dan Klemens Sukarno Candra terbukti melakukan penggelapan dana 71 customer Apartemen Royal Avatar World senilai Rp 12 miliar. Setelah mempertimbangkan hal yang memberatkan dan meringankan, jaksa akhirnya menuntut kedua terdakwa dengan pidana empat tahun penjara.

Hal yang memberatkan, yakni perbuatan terdakwa telah meresahkan customer Apartemen Royal Avatar World. Kedua terdakwa juga menikmati uang milik customer serta berbelit-belit selama persidangan. Sementara hal yang meringankan, kedua selalu bersikap sopan selama persidangan.

Atas tuntutan empat tahun ini, kedua terdakwa Budi Santoso dan Klemens Sukarno Candra, melalui kuasa hukumnya, Franky Desima Waruwu langsung menyatakan keberatan.

"Dalam tuntutan tersebut, terdapat kejanggalan. Salah satunya keterangan saksi yang tidak dihadirkan dalam persidangan," kata Franky Desima Waruwu, SH, kuasa hukum terdakwa

Seperti pernah diberitakan, kasus ini berawal dari laporan 71 konsumen pemesan Apartemen Royal Avatar World, ke SPKT Polda Jatim, yang kecewa atas tidak dibangunnya apartemen. Padahal 71 orang pemesan ini telah menyetorkan uang hingga lebih dari Rp 12 miliar. Merasa ditipu, 71 orang yang memesan Apartemen Avatar World ini langsung melaporkan dan Klemens Sukarno Candra dengan jeratan pasal berlapis 372 KUHP dan pasal 378 kuhpidana tentang penipuan dan penggelapan. (end)




Berita Terkait


77 Orang Terima Dana Pengembalian dari Sipoa Group

Tiga Bos Sipoa Pra Peradilankan Kapolri dan Kapolda

Tipu 71 Customer, Dua Bos Sipoa Group Dituntut 4 Tahun Penjara

Lagi, 76 Customer Apartemen Sipoa Gugat Pidana Bos Sipoa


Jaksa Tak Siap, Dua Kali Sidang Tuntutan Bos Sipoa Tertunda

11 Customer Sipoa Gugat Direksi dan Bupati Sidoarjo Rp 1,5 Miliar

Kesaksian Mantan Ketua DPRD Surabaya Ringankan Terdakwa Sipoa

Korban Sipoa Laporkan Hakim ke KPK dan Presiden
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber