Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Peristiwa 

Banteng Masuk ke Areal Persawahan, BKSDA Pasang Kamera Trap
Senin, 03-12-2018 | 15:40 wib
Oleh : Felli Kosasi
Jember pojokpitu.com, Beberapa waktu lalu, warga Desa Sabrang Kecamatan Ambulu, Jember, sering menjumpai seekor banteng berkeliaran di area persawahan pada tanaman jagung dan lombok, yang membuat warga panik dan resah.

Senin (3/12), petugas BKSDA Jember lansung mendatangi lokasi dan mencari jejak keberadaan habitat banteng tersebut karena  merupakan hewan yang dilindungi. Petugas juga memasang foto trap agar mengetahui jenis dan usia banteng tersebut.

Warga khawatir dan resah karena tidak biasanya banteng turun gunung disaat musim penghujan datang. Jika dilihat dari video amatir yang beredar, petugas memperkirakan banteng tersebut berjenis kelamin betina dan berusia kurang lebih 5 tahun.

Petugas BKSDA menyusuri area persawahan tanaman jagung dan cabe warga untuk mencari jejak banteng disekitar lokasi, petugas juga memeriksa jejak jejak banteng yang utuh dan masih baru. Diperkirakan banteng ini berjumlah 3 ekor dan kuat kemungkinan banteng ini akan kembali lagi di lokasi ini.

Untuk memastikan hal ini, maka petugas BKSDA Jember memasang 2 kamera trap didekat lokasi banteng tersebut sering berkeliaran.

Ariyanti, petugas BKSDA Jember dirinya menjelaskan, bahwa habitat banteng tersebut di perkirakan dari kawasan londo lampitan yang ada di Gunung Watangan.

"Jika dilihat dari jenis fisiknya, banteng tersebut jenis kelamin betina karena warna kulit coklat kehitaman, beda dengan jenis kelamin jantan dengan warna kulit hitam," kata Ariyanti.

Petugas BKSDA Jember berharap, kepada masyarakat jika melihat banteng segera melapor ke dinas terkait jika melihat banteng tersebut. Karena banteng ini termasuk jenis hewan yang di lindungi oleh negara. (yos)

Berita Terkait


Banteng Masuk ke Areal Persawahan, BKSDA Pasang Kamera Trap

Nah ! Ini Dia Kesenian Bantengan Asal Mojokerto

Laka Adu Banteng Siswa SMK Jember Tewas di Tempat

Tradisi Bantengan, Puluhan Peserta Kesurupan dan Mengamuk


Putar Balik Hindari Operasi Polisi, Motor Revo dan Vixion Malah Adu Banteng

Adu Banteng, Dua Pengendara Motor Tewas di Jalanan Gelap

Fosil yang Ditemukan Warga Diprediksi Jenis Gajah dan Banteng Purba

Banteng Muda Indonesia Siap Menangkan Gus Ipul dalam Pertarungan Pilgub Jatim

Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber