Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Metropolis 

Penghadangan oleh Ormas Pemuda di Jalan Pemuda Surabaya ini nyaris ricuh. Foto Yus
Minta Lepas NKRI, Demo Mahasiswa Papua Dihadang Ormas
Sabtu, 01-12-2018 | 15:08 wib
Oleh : Yusmana Windarto
Surabaya pojokpitu.com, Meminta lepas dari NKRI, ratusan mahasiswa asal Papua yang tergabung Aliansi Mahasiswa Papua, dihadang oleh Ormas kepemudaan, Sabtu (1/12) pagi.

Sejumlah organisasi masyarakat itu dari FKPPI , Pemuda Pancasila, dan Komunitas Pencak Silat. Sedangkan massa Aliansi Mahasiswa Papua berencana menggelar longmarch dari Monumen Kapal Selam, di Jalan Pemuda menuju Gedung Negara Grahadi. Namun langkah mereka dihentikan oleh ratusan anggota Ormas di Gedung Kantor Berita Radio Nasional, Radio Republik Indonesia.

Dalam penghadangan ini, para anggota Ormas Pemuda mengingatkan Aliansi Mahasiswa Papua  untuk tidak memecah belah, dengan membuat tuntutan Papua lepas dari NKRI. Karena pada dasarnya, Papua merupakan bagian dari NKRI yang tak terpisahkan.
 
Akibat kejadian ini, ratusan polisi dari anggota Brimob Polda Jatim langsung membuat pagar hidup untuk memisahkan pertemuan dua kubu. Kedua kubu nyaris ricuh, saat pihak Aliansi Mahasiswa Papua membentangkan poster dan spanduk yang bernada anti NKRI.

Orasi dan spanduk anti NKRI ini membuat para anggota Ormas bela NKRI semakin meradang. Massa Ormas Pemuda meminta para Aliansi Mahasiswa Papua untuk membubarkan diri, sebelum terjadi kericuhan.

Karena tak memiliki ijin menggelar unjuk rasa, polisi juga membubarkan aksi Aliansi Mahasiswa Papua. Pembubaran massa juga dikawal polisi hingga menuju Asrama Papua di Jalan Kalasan, Tambaksari. (pul)

Berita Terkait


Dua Warga Probolinggo Tewas di Wamena Papua Akibat Kerusuhan

Aksi Damai Tolak Tindakan Rasis dan Diskriminasi

Upaya Resistensi, Polisi Amankan 233 Mahasiswa Papua

Demo Mahasiswa Papua, 16 Orang Luka-Luka


Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber