Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Sosok 

Mulyono, Penyandang Disabilitas Peduli Lingkungan
Sabtu, 01-12-2018 | 04:35 wib
Oleh : Mujianto Primadi
Sidoarjo pojokpitu.com, Bermodalkan dari uang pribadi hingga mencari bibit tanaman di jalan raya, seorang pedagang sendal yang juga difabel telah tanam ribuan pohon di sekitar wilayah Kecamatan Krian Sidoarjo Jawa Timur sejak 8 tahun lalu.

Berbagai halangan mulai dari tanaman yang di rusak hingga tertarak kendaraan, tak menyurutkan semangatnya untuk menghijaukan lingkungannya. Mulyono, penyandang disabilitas asal Krian Sidoarjo tidak meyurutkan semangat untuk bekerja dan peduli dengan lingkungan meski terdapat keterbatasan pada fisiknya.

Setiap tanggal 3 Desember peringatan hari disabilitas internasional atau the united nations international day of persons with disabilites.

Kesepakatan ini bertujuan untuk mempromosikan hak dan kesejahteraan penyandang disabilitas di semua bidang kehidupan masyarakat dan pembangunan, serta untuk meningkatkan kesadaran akan situasi penyandang disabilitas di setiap aspek kehidupan baik politik, sosial, ekonomi dan budaya.
 
Mulyono yang bekerja sebagai pedagang sandal di kawasan Pasar Krian Sidoarjo Jawa Timur, merapikan barang dagangannya hingga melayani pembeli menjadi pekerjaan yang menghidupi keluarganya.
 
Siapa sangka meski sibuk dengan pekerjaannya sehari-hari, namun Mulyono dapat menyempatkan menanam pohon setiap harinya di hampir seluruh kecamatan krian sidoarjo sejak 8 tahun lalu.
 
Meski dengan kondisi tubuh yang tak sempurna seperti orang lain, dan bermodalkan dari uang pribadi hingga mencari bibit tanaman selagi berangkat berbelanja barang dagangannya ke Surabaya.

Mulyono rela demi menghijaukan dan membuat sejuk Kecamatan Krian dan sekitarnya. Mulyono mengaku dalam sehari mampu menanam hingga 10 pohon, tergantung dari kondisi cuaca dan kemampuan tubuh Mulyono.

Segala rintangan seperti dirusak oleh pejalan kaki hingga tanamannya rusak di tabrak kendaraan, tak menyurutkan Mulyono untuk tetap menanam tanaman hingga saat ini.

Lelah menanam pohon terbayar lunas ketika melihat ribuan pohon yang telah dia tanam tumbuh subur.

Mulyono tak sekedar menanam saja berbagai tanaman, namun juga setiap harinya hingga menyirami tanaman yanga ditanamnya. Sudah tak terhitung pohon dan tanaman yang Mulyono tanam di sepanjang jalan dan lahan kosong di sekitar krian Sidoarjo selama 8 tahun ini.

Mulyono juga mengaku akan terus menanam tanaman hingga dapat membuat Sidoarjo jawa timur rindang dan sejuk, dan terus mengajak warga sidoarjo untuk dapat berbuat lebih daripada dirinya. (yos)

Berita Terkait


Puluhan Anak Berkebutuhan Khusus Unjuk Gigi di Peringatan Hari Disabilitas 2018

Mulyono, Penyandang Disabilitas Peduli Lingkungan

Pernikahan Penyandang Cacat di Hari Disabilitas Internasional

Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber