Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Hukum 

Terdakwa Kasus Dugaan Korupsi DPRD Malang Diwajibkan Mengembalikan Uang Negara
Kamis, 29-11-2018 | 10:59 wib
Oleh : Usrox Indra
Sidoarjo pojokpitu.com, Sebanyak18 anggota DPRD Malang yang menjadi tersangka, kasus korupsi penyalagunaan angaran periode 2014 sampai 2019 juga di wajibkan mengembalikan uang ke negara.

Hal tersebut disampaikan salah satu Jaksa Penuntut Umum Komisi Pemberantasan Korupsi (JPU KPK) Arif Suhermanto, dalam pembacaan dakwaan 6 angota DPRD malang yakni Wiwik Hendri Astuti, Suprapto, Sahrawi, Mohan Katelu, Salamet, dan Zainuddin.
 
Dalam sidang, Arif S, JPU KPK juga menuntut terdakwa Zainuddin, Suprapto Wiwik Hendri Astuti pidana penjara selama 5 tahun, sedangkan terdakwa lainnya atas nama Mohan Katelu, Selamet, dan Sahrawi dituntut penjara selama 4 tahun 6 bulan. Keenam terdakwa itu dijerat pasal 12 huruf A dan pasal 12b tentang tindak pidana pemberantasan tindak pidana korupsi.

Seperti halnya dengan 12 terdakwa lain, yang telah menjalani sidang pada sesi pertama dan kedua nantinya. Keenam terdakwa pada sesi ketiga kali ini, juga dikenakan denda senilai Rp 200 juta subsider 2 bulan penjara.
 
Selain itu dalam nota tuntutan, keenam terdakwa juga wajib mengembalikan uang pengganti. Untuk uang pengganti setiap terdakwa berbeda-beda. "Bila tak juga diganti maka akan dikenakan pidana 2 bulan penjara," kata Arif S.
 
Dalam pemberitaan sebelumnya, keenam terdakwa diduga turut menerima suap terkait pembahasan APBDP tahun 2015.

Kasus tersebut menjerat 18 anggota DPRD Kota Malang periode 2014 sampai 2019. Uang tersebut diduga merupakan bagian dari Rp 700 juta, yang diterima eks ketua DPRD, Muhammad Arief Wicaksono dimana ia terlebih dulu diproses KPK. (yos)

Berita Terkait


Terbukti Korupsi, Rendra Kresna Divonis 6 Tahun Penjara

10 Mantan Anggota DPRD Kota Malang Divonis 4 Tahun

Bupati Malang Rendra Kresna Dituntut 8 Tahun Penjara

10 Anggota DPRD Malang Jilid 2 Divonis 4 Tahun


Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber