Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Peristiwa 

Pasti Resmi, Pesawat Lion Air Jt 610 Rusak Sejak Penerbangan Sebelumnya
Rabu, 28-11-2018 | 15:54 wib
Oleh : Iman Pujiono
Jakarta pojokpitu.com, Komite Nasional Keselamatan Transportasi, KNKT , merilis hasil investigasi kecelakaan Pesawat Lion Air PK LQP dengan register penerbangan jtv 610, yang jatuh di Tanjung Kerawang. KNKT menyimpulkan pesawat mengalami kerusakan sejak penerbangan sebelumnya.

Keterangan resmi KNKT ini setelah genap 1 bulan jatuhnya Pesawat Lion Air PK LQP dengan registrasi penerbangan Jt 610. KNKT merilis hasil investigasi awal dari bagian dari black box Flight Data Recorder, FDR.

Hasil investigasi menyebutkan, pesawat sudah mengalami kerusakan pada penerbangan sebelumnya. Saat dilakukan terbang dari Bali menuju Bandara Internasional Sukarno Hatta.

Menurut Nur Cahyo Utomo Ketua Sub Investigasi Kecelakaan Penerbangan KTNK pada Kementerian Perhubungan mengatakan, pesawat sempat dilakukan service sebelunya dari penerbangan Bali-Jakarta. Selanjutnya direkomendasikan layak terbang pada tanggal 29 Oktober, dan hilang kontak 15 menit setelah lepas landas dari Bandara Sukarno HaTta.

Diketahui dari analisa FDR, tidak lama setelah lepas landas, ada laporan Flight Control Problem ke radar petugas. Atau pergerekan cream secara otomatis dan meminta pesawat untuk turun. Setelah tiga kali kapten melihat pergerakan cres, mengeluhkan kendalinya sangat berat. Kapten pun mematikan stabiliser krip dan mematikan motor secara otomatis, sehingga menggunakan manual tangan.

"Kemudian menyampaikan pesan dalam kondisi kegagalan atau tidak normal. Serta minta tidak berbelok mengikuti arah landasan," kata Nur Cahyo Utomo.

Hingga hasil investigasi Lion Air PK LQP ini dirilis, Cokpit Voice Recorder, CVR masih belum berhasil diketemukan. Serta masih terus dilakukan pencarian. (pul)

Berita Terkait


Pasti Resmi, Pesawat Lion Air Jt 610 Rusak Sejak Penerbangan Sebelumnya


PN Bojonegoro Doa Bersama Untuk 4 Hakim Korban Pesawat Lion Air Jt 610

Gubernur Akan Beri Bantuan Kepada Korban Pesawat Lion Air Jt 610

Polda Kirim Sampel DNA Keluarga Korban Lion Air Jt 610 Asal Jatim

Staf Kementian ESDM Warga Sidoarjo Jadi Korban Pesawat Lion Air Jt 610

Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber