Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Metropolis 

Robot Sumo Pelajar Surabaya Sukses Sabet Juara Internasional
Minggu, 25-11-2018 | 06:15 wib
Oleh : Ainul Khilmiah
Surabaya pojokpitu.com, Robot sumo rakitan salah satu pelajar SMP Negeri 1 Surabaya berhasil menyabet juara satu kejuaraan dunia, dalam world robot games 2018 di filipina. Robot sumo rakitannya ini, mampu menyingkirkan 300 peserta dari 7 negara.

Robot sumo tersebut hasil rakitan Rayhan Maheswara, salah satu pelajar kelas 1 SMP Negeri 1 Surabaya. Robot mungil ini berhasil menyabet gelar juara 1 world robot games 2018 kategori sumobot junior, di Tagaytay Filipina bulan oktober lalu.

Robot sumo ini dirakit sendiri oleh Rayhan dengan dilengkapi komponen program atau otak robot bernama Arduino, ada 2 jenis robot yang dirakit oleh pelajar kelas 1 SMP ini, diantaranya robot sumo otomatis , yang dilengkapi sensor untuk mendeteksi garis agar laju robot tidak melewati garis putih. Serta robot sumo manual yang digerakkan menggunakan remot dari bahan stik bekas game playstation.

Rayhan Maheswara berhasil menyabet gelar juara robot sumo melalui robot manual rakitanya, yang memiliki berat 5 kilogram. Dalam operasinya, robot yang menyerupai kendaraan tempur tank ini, berfungsi untuk mendorong lawanya hingga keluar garis putih.

Dengan adanya prestasi internasional ini, pihak sekolahpun semakin mendorong siswanya untuk berinovasi. Diantaranya dalam bidang robotic, termasuk untuk mengikuti agenda-agenda lomba dalam skala internasional.

Dalam lomba world robot games 2018 di Filipina, robot sumo rakitan Rayhan berhasil menyingkirkan 300 peserta dari 7 negara didunia .



Berita Terkait


Robot Sumo Pelajar Surabaya Sukses Sabet Juara Internasional


Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber