Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Metropolis 

Komisi V Tuntut PUPR Tak Bubarkan BPWS
Sabtu, 24-11-2018 | 17:02 wib
Oleh : Ainul Khilmiah
Surabaya pojokpitu.com, Polemik terkait rekomendasi pembubaran Badan Pengembangan Wilayah Suramadu (BPWS) nampaknya masih terus bergulir. Rekomendasi pembubaran yang muncul sejak tahun 2016 silam atas evaluasi Kementerian PAN-RB ini, kembali mengancam bpws paska jembatan suramadu digratiskan.

Rekomendasi pembubaran BPWS ini, didasarkan pada optimalisasi organisasi dan kewenangan kelembagaan. Melihat BPWS terancam dibubarkan menyusul  Badan Penanggulangan Lumpur Lapindo Sidoarjo (BPLS). Komisi V DPR RI melakukan peninjauan dan koordinasi secara langsung dengan bpws di jalan tambakwedi, kenjeran surabaya.

Gatot Sudjito juru bicara komisi V DPR RI menyatakan, akan mendorong Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) untuk tidak membubarkan BPWS.

Hal ini sesuai dengan pertimbangan progres pembangunan yang dilakukan dan usulan dari beberapa tokoh masyarakat madura.  "Justru struktural kelembagaan BPWS yang masih di jabat oleh plt, perlu di dorong ditingkat legislatif untum segera ditetapkan sebagai badan kelembagaan," kata Gatoy Sudjito.

Sementara itu, Sekretaris BPWS Sidik Wiyoto menyangkal adanya pembubaran BPWS. Menurutnya, paska dibebaskannya jalur tol Suramadu, pencabutan hanya pada pasal 12 b dalam perpres tentang BPWS yang menyebutkan suramadu adalah jalan tol. "Hingga kini, kita masih menunggu terbitnya revisi perpres tersebut," jelas Sidik Wiyoto.

Terkait perawatan jembatan paska dibebaskannya jalur tol suramadu, pihaknya menyatakan perawatan tersebut merupakan kewenangan Kementerian PUPR, lantaran selama ini BPWS memang tak mengemban tugas atas perawatan tersebut.

Dibubarkan atau dilebur dengan Kementerian PUPR, atau justru tetap menjadi lembaga yang nonstruktural, masyarakat madura tetap berharap adanya pembangunan yang merata. (yos)




Berita Terkait


Tak Dilibatkan Dalam Pengembangan Suramadu, Tokoh Adat Bangkalan Luruk BPWS

Jembatan Suramadu Akan Dikelola Balai Besar Jalan Nasional

Komisi V Tuntut PUPR Tak Bubarkan BPWS

Jembatan Suramadu Gratis, BPWS Terancam Tutup


Imbas Jembatan Suramadu Gratis, Kapal ASDP Akan Dialihkan ke Rute Lain

Selama Satu Tahun Jembatan Suramadu Terancam Tidak Ada Perbaikan

Presiden Jokowi Resmi Gartiskan Jembatan Suramadu Secara Total

DPRD Jatim Sambut Baik Lewat Jembatan Suramadu Gratis
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber