Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Peristiwa 

Temukan Batu Purbakala , BPCB Trowulan Gali Punden Rondo Kuning
Jum'at, 23-11-2018 | 16:58 wib
Oleh : Rafli Firmansyah
Berita Video : Temukan Batu Purbakala , BPCB Trowulan Gali Punden Rondo Kuning
Kota Batu pojokpitu.com, Tim eskavasi dari Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Trowulan Mojokerto melakukan penggalian di Punden Rondo Kuning atau Nyi Sutinah di Kelurahan Songgokerto Kecamatan Batu. Sebelum dilakukan penggalian, diadakan selamatan oleh warga sekitar.

Penggalian ini atas permintaan Dinas Pariwisata Kota Batu, setelah merespon laporan dari warga yang menemukan adanya sturktur bangunan purbakala di punden pada tahun 2017.

Sebelum melakukan penggalian, para tim ekskavasi bersama Disparbud kelurahan dan warga sekitar melakukan doa bersama di punden rondo kuning. Hal ini dilakukan agar selama penggalian bisa berjalan dengan lancar.

Sebelumnya pada tahun 2017, didapatkan laporan dari warga yang menemukan struktur batu bata kuno didalam tanah dengan kedalaman 40 centimeter. Struktur batu bata kuning ini, ditemukan saat warga membangun plengsengan di sekitar punden.

Kabid Kebudayaan, Winarto membenarkan untuk kegiatan ekskavasi ini dilakukan setelah mendapat laporan dari warga sekitar. "Sehingga dengan penggalian ini, Disparbud bisa mendata apa yang ada di punden rondo kuning," jelas Winarto.

Sementara itu, arkeolog dari BPCB Trowulan Mojokerto, Wicaksono Dwi Nugroho mengatakan, untuk penggalian kali ini akan dibuat dua lubang yang akan diikuti alurnya, hingga bisa diketahui apa yang ada di bawah punden tersebut.

"Dari temuan yang ada juga akan dilaporkan ke Disparbud Kota Batu untuk diteliti dan di registrasi lebih lanjut," jelas Wicaksono Dwi Nugroho.

Penggalian yang ada dilaksanakan selama 3 hari ini, diharapkan bisa menyelamatkan data purbakala sekaligus pemetaan situs yang ada serta mencari tahu sejarah, terkait punden yang diberi nama rondo kuning. (yos)

Berita Terkait


Petirtaan Sumberbeji Segera Didaftarkan Cagar Purbakala

Gali Sumur Warga Temukan Terowongan Purbakala

BPCB Lakukan Observasi di Lokasi Penemuan Batu Kepala Kala

Benda Purbakala Kembali Ditemukan di SDN Dinoyo 1


Krisis Air Bersih, Warga Ambil Air di Situs Purbakala

Temukan Batu Purbakala , BPCB Trowulan Gali Punden Rondo Kuning

Warga Lereng Pegunungan Arjuno Temukan Situs Purbakala

Benda Purbakala Ditemukan Warga Sidoarjo
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber